Aladdin Raden Haji Oemar Said Tjokrominoto Sang Guru Tokoh Bangsa | Kang Aladin

Raden Haji Oemar Said Tjokrominoto Sang Guru Tokoh Bangsa


Raden Haji  Oemar Said Tjokrominoto atau yang lebih di kenal dengan nama H.O.S Tjokrominoto merupakan Pahlawan bangsa terutama dalam pendidikan, ekonomi dan kebangsaan. Pria yang Lahir pada 16 Agustus 1882, di Pomorogo, Jawa Timur merupakan Pahlawan yang sangat besar terhadap kemerdekaan bangsa Indonesia. 

Perlu anda ketahui dia adalah Orang yang mampu mencetak tokoh-tokoh penggerak Bangsa di Indonesia. Tokoh-tokoh yang pernah mengenyam pendidikan dari Tjokrominoto diantaranya Soekarno dan juga Semaoen. Kedua orang tersebut sebenarnya mengenyam pendidikan Islam dan keduanya pun di tugaskan khusus untuk berdakwah kepada Masyarakat mengajarkan tata krama dalam beragama dan berbangsa.

Tujuan ini bermaksud agar masyarakat paham tentang nilai-nilai keislaman sehingga tidak terpengaruh terhadap pemahaman-pemahaman yang di bawa oleh Belanda di kala itu. Jika nilai-nilai keislaman sudah tertanam maka semangat juang bangsa Indonesia akan berkobar untuk mengusir para penjajah di bumi Indonesia.

Di kirimkanlah kedua orang tersebut, Soekarno bertugas mendakwahi para petinggi seperti bangsawan dan centeng-centeng negara Hindia Belanda. Kemudian Semaoen bertugas mendakwahi kalangan bawah seperti para petani, pedagang dan kaum buruh.

Diantara keduanya yang paling muncul adalah Semaoen yang berhasil berjuta-juta masyarakant khususnya didaerah Jawa. Namun sayang, Semaoen mengkhanati HOS Tjokrominoto dan memilih bergabung bersama ISDV (Indische Sociaal-Democratische Vereeniging) semi Komunis. Disaat ini Semaoen semakin berjaya dengan banyaknya para pengikut organisasinya kemudian merubah organisasi tersebut menjadi Perserikatan Komunis Hindia Belanda.

Begitupun juga Soekarno yang terus berdakwah terutama pada bangsawan, sehingga berhasil dan Mendirikan Partai Nasionalisme nya. Soekarno adalah orang yang sangat pintar dalam menyerap Ilmu, di kenal sebagai orator yang handal karena belajadr dari seorang guru yang hebat yakni Tjokrominoto. Dengan semangat juang yang tinggi Soekarno bisa  menggelorakan semangat juang Bangsa Indonesia.

Namun sayang dalam beberapa perjuangannya Soekarno berbelot dari Tugasnya dan terpengaruh oleh paham-paham Nasionalisme nya yang tinggi sehingga pada puncaknya ia menggelorakan NASAKOM memperpadukan sikap kesetaraan antar agama.

Namun dengan demikian kita patut memberi rasa hormat terhadap guru bangsa Umat Islam di Indonesia yakni HOS Tjokrominoto yang mampu mencetak kader-kader bangsa di Indonesia, walaupun Cita-Cita HOS Tjokrominoto belum terealisasi oleh muridnya.

HOS Tjokrominoto sebenarnya adalah penggagas Sarekat Dagang Islam, yang ingin mensejahterakan bangsa Indonesia di Tanah Airnya sendiri dengan aturan Islam, dan menyingkirkan segala macam pengaruh-pengaruh dari Bangsa Belanda.

Terlepas Dari kedua orang muridnya kita tetap hargai Raden Haji Oemar Said Tjokrominoto merupakan seorang pejuang sejati yang ingin Bangsa Indonesia Adil Dan Makmur.

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar