Aladdin Inilah Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui | Kang Aladin

Inilah Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

tidur merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting untuk dipenuhi setiap harinya. Baik itu tidur siang ataupun tidur malam, memang tujuannya hanya satu yaitu untuk mengistirahatkan tubuh yang sudah lelah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Namun pada kesempatan kali ini saya akan mengupas tentang manfaat tidur siang yang perlu anda ketahui. Untuk manfaat tidur siang memang sebagian orang belum mengetahuinya dengan baik. Maka dari yuk kita simak penjelasan selengkapnya hanya dibawah ini.


Jika anda tahu tentang manfaat tidur siang dengan baik, pastinya anda akan melakukannya setiap hari. Salah satu manfaatnya yaitu dapat menyembuhkan dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya. Namun tidur siang memang banyak sekali diabaikan oleh masyarakat, karena kesibukan pekerjaan atau kegiatan lainnya. Padahal tidur siang adalah terapi kesehatan yang memiliki seribu manfaat untuk kesehatan. Maka dari itu inilah manfaat tidur siang yang perlu anda ketahui. Antara lain:

  • Dapat meningkatkan daya ingat otak

Manfaat tidur siang yang pertama adalah dapat meningkatkan daya ingat otak dan sangat baik untuk lansia. Seiring dengan bertambahnya usia, daya ingat seseorang akan semakin menurun. Bagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan sangat bagus untuk meningkatkan daya ingat sesuatu. Tentu hal ini sangat penting sekali untuk menghafal setiap pelajaran yang mereka dapatkan disekolah. 

  • Dapat mencegah insomnia

Insomnia memang sangat menjengkelkan sekali bagi setiap orang yang mengalaminya. Namun ketahuilah, ada cara mudah mengatasi insomnia itu yang bisa dilakukan setiap hari tanpa obat yaitu dengan tidur siang. Tentu saja dampak dari masalah insomnia bagi kesehatan tidaklah main-main. Ada beberapa penyakit berbahaya dan mematikan yang menjadi pemicu utama terjadi kematian. 

  • Dapat mencegah penyakit jantung dan stroke 

Penyakit jantung dan stroke merupakan kedua penyakit yang kerap memakan korban jiwa terbanyak dalam setiap tahunnya. Akan tetapi kedua penyakit itu dapat diatasi dengan mudah yaitu dengan cara melakukan tidur siang setiap hari. Ketika kita sedang memaksakan diri untuk tidak tidur siang, padahal kondisi mata anda mengalami ngantuk berat.

Pasti anda lebih memilih menggunakan minuman yang mengandung kafein. Namun hal itu sangat berbahaya dan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu lebih baik anda menyempatkan 20-30 menit untuk melakukan tidur siang setiap harinya. Karena dapat mengurangi resiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke.

  • Dapat meningkatkan produktivitas

Dalam mengerjakan aktivitas keseharian dalam keadaan kondisi maya sudah sangat lemah. Tentunya dalam melakukan pekerjaannya itu semua akan berantakan. Salah satu solinya agar hal itu tidak terjadi adalah dengan melakukan tidur siang sejenak terlebih dahulu. Sehingga hal ini dapat meningkatkan produktivitas kinerja anda.

  • Dapat mengurangi stres yang berlebihan

Sering mengalami stres yang berlebihan memang, sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya kerap menjadi pemicu utama penyakit yang mematika, seperti diabetes, stroke dan penyakit tekanan darah tinggi serta jantung. Tidak ingin hal itu terjadi disarankan anda lebih banyak melakukan tidur siang. Karena diyakini dapat mengurangi stres yang berlebihan.


  • Dapat mengingkatkan kesehatan tubuh.

Kurang tidur memang akan mengakibatkan tubuh mengalami kelebih hormon kertisol. Di mana jika tubuh kelebihan hormon kertisol, akan meningkatkan lemak perut dan intoleransi glukosa. Selain itu akan melemahkan otot dan daya tahan tubuh menjadi lemah. Namun yang paling berbahayanya adalah dapat mengakibatkan penyakit diabetes dan penyakit jantung.

  • Dapat meningkatkan mood

Neurotransmitter serotonin berperan mengatursuasana hati, tidur dan selera kita. Selain itu juga dapat menghasilkan perasaan kepuasaan dan kesejahtraan. Akan tetapi ketika tubuh kita mengalami stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Dampaknya kita akan mengalami cemas dan mudah marah, depresi hingga kewalahan dan muda terganggu. Namun dengan melakukan tidur siang setiap hari, akan mengembalikan efek tersebut dan berubah menjadi pandangan yang lebih positif.

  • Dapat mencegah penuaan dini

Memiliki kulit bening dan putih bersinar adalah hal yang sangat di inginkan sekali oleh semua orang. Namun untuk mendapatkan hal itu membutuhkan pengorbanan yang sangat tidak sedikit. Akan tetapi apabila dengan melakukan tidur siang setiap hari, maka tubuh anda akan dapat mengontrol stres dengan baik. Dimana pemicu utama terjadinya penuaan dini adalah mengalami stres yang berlebihan.

Dengan demikian itulah manfaat tidur siang yang perlu anda ketahui dengan baik. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermnfaat banyak bagi anda dan masyarakat lainnya. 
Baca Juga: Raden Haji Oemar Said Tjokrominoto Sang Guru Tokoh Bangsa

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar