Aladdin Inilah Hal-Hal Kecil Yang Dapat Mengantarkan Kita Masuk Ke Surga | Kang Aladin

Inilah Hal-Hal Kecil Yang Dapat Mengantarkan Kita Masuk Ke Surga

Tujuan kita hidup didunia ini hanyalah untuk menyiapkan diri kita untuk mendapatkan surganya allah yang tentunya semua orang ingin mendapatkannya. Jalan satu-satunya untuk mendapatkan surganya Allah adalah dengan menjauhi segala larangannya dan menjalakan segala perintahnya. Akan tetapi orang yang sudah mengerjakan segala perintah dan menjauhi larangannya itu juga belum pasti akan mendapatkan surganya Allah swt. Pintu masuk surga merupakan hak Allah yang menentukannya. Dia maha menentukan, Yang maha menimbang.


Perlu kita ketahui, meski kita sering melakukan amalan soleh yang banyak tetapi niatnya hanya ingin mendapatkan pujian dari orang lain. Justru hal itu akan sia-sia, semua amalan yang telah dikerjakannya akan hilang dengan seketika. Namun apakah anda mengetahui tentang amalan yang terlihat sepele, tapi sangat bernilai dimata Allah Swt. Oleh sebab itu inilah hal-hal yang sepele yang dapat mengantarkan kita ke surga yang perlu anda ketahui. Di antaranya sebagai berikut:

  • Memberi minum binatang

Tentu hal ini saat ini banyak orang yang mengabaikannya, namun ketahuilah hal ini dapat mengantarkan anda pergi ke surga. Apakah anda tahu tentang kisah yang diceritakan oleh Rasulullah Saw ketika itu ada seorang laki-laki yang memberi minum seekeor anjing. Kemudian Allah Swt mengampuni dosa-dosa laki-laki itu dan memasukannya ke dalam surga.

Dari Abu hurairah Rasulullah Saw Bersabda" Ketika sedang melakukan perjalanan, seorang laki-laki merasa haus. Lalu ia menuju ke sebuah sumur dan minum air. Setelah ia keluar, ternyata ada seekor anjing yang menjulurkan lidahnya ke tanah karena kehausan. Lalu dia berkata " anjing ini telah mengalami apa yang kualami". Lalu dipenuhinya sepatunya dengan air yang ibawa dengan menggunakan mulutnya lalu memanjat ke sumur tersebut dengan air. Lalu dibawahnya air tersebut kepada anjing. Maka allah berterima kasih kepadanya dan diampunya dosanya untuk masuk ke dalam surga. (HR Bukhari: 168)

  • Mengucapkan salam

Rasulullah Saw bersabda, " Kalian tidak masuk surga, sehingga kalian beriman. Kalian tidak beriman secara sempurna sehingga kalian saling mencintai. Maukan kalian aku tunjukan perkara bila kalian lakukan akan saling mencintai? Biasakanlah mengucapkan salam diantara kalian. (apabila berjumpa) HR. Muslim.

Maka dari itu kita perlu melakukannya setiap saat dan kapanpun. Baik kepada teman, saudara ataupun siapa saja yang kita temui di jalan. Hal inilah yang biasanya orang anggap sepele, namun bisa mengantarkan kita ke surga. Perlu anda ketahui mengucapkan salam adalah do'a kepada Allah SWT dan kepada orang yang kita beri salam.

  • Membaca surah Al-ikhlas

Dari Abu Shid Al hudri, mengatakan bahwa ada seorang laki-laki mendengar seseorang membacar berulang-ulang surah al-ikhlas ketika pagi hari orang yang mendengarkan tadi itu kemudian mendatangi Rasulullah Saw dan menceritakan kejadian itu dengan nada merendahkan surat al-ikhlas. Kemudian Rasulullah Saw bersabda: " Demi yang jiwaku berada ditangan-nya, sesungguhnya surat ini sebanding dengan sepertiga al-quran." HR Bukhari No 6643

Tidak hanya itu Rasulullah Saw menjelaskan apabila kita sungguh-sungguh mencintai surat Al ikhlas, niscaya Allah Swt akan memasukan ke dalam surga. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda: " Cintamu kepadanya ( serat Al ikhlas ) memasukanmu ke surga. " HR bukhari, Ahmad dan At Tirmidzi. 

  • Berdzikir setelah berwudhu

Rasulullah Saw bersabda: " Tidaklah salah seorang diantara kalian berwudhu dan sampai selesai atau menyempurnakan wudhu kemudian membaca doa: " Aku bersaksi bahwasannya Muhammad adalah hamba Allah dan utusan-nya, melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu surga yang dia bisa masuk dari pintu mana saja yang dia kehendaki. Maka dari teruntuk anda awas yaa jangan lupa membacanya. 

  • Mengucapkan perkataan yang baik
Tentunya berbicara yang baik memang sangat dianjurkan untuk kita. Hal ini sebagai mana Sabda dari Rasulullah Saw" sungguh seorang hamba mengucapkan satu kalimat yang mendatangkan keridhoan Allah. Namun dia mengaggapnya ringan. Karena sebab perkataan tersebut Allah meninggikan derajatnya dan seunggu seorang hamba mengucapkan satu kalimat yang mendatangkan kemurkaan Allah, NAmun dia menganggapnya ringan dan sebab itulah perkataan tersebut dia lemparkan ke dalam api neraka." (HR Bukhari dan Muslim)

Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk mengajak orang lain berbuat kebaikan atau mengajarkan hal-hal yang baik kepada anak-anak hingga dewasa. 

  • Perbanyak bersedekah
Kebanyakan orang bersedekan dianggap akan berkurangnya harta mereka. Namun ketahuilah Rasulullah Saw bersada" Tidaklah seseorang bersedekah dari harta yang baik dan halal. Dan Allah tak menerima kecuali dari harta yang baik ( halal ) kecuali Allah menerimanya dengan tangan kangan-nya walaupun berupa satu biji kurma dan dia akan berkempang ditelapak tangan ar rahman hingga menjadi lebih besar dari gunung sebagimana seseorang diantara kalian membesarkan anak kudanya. ( HR Tirmidzi no 597 )

Ada seorang sahabat berkata " Wahai Rasulullah, sifulanah sering shalat malam dan puasa. Namun lisannya menyakiti tetangganya. Lalu Rasulullah Saw bersabda: Tidak ada kebaikan padanya ia di neraka. " ia berkata lagi " dan si fulanah hanya shalat lima waktu dan sedekahnya sedikit tapi tidak pernah menyakiti siapapun. " Kemudian Rasulullah Saw bersabda: ia di dalam surga." ( Hr Ahmad dan Al HAkim Dalam Al Mustadrak 7385.)

Keterangan hadist diatas telah dijelaskan, apabila kita rajin beribadah kepada Allah Swt, akan tetapi pernah menyakiti hati orang lain. Maka neraka lah ancamannya dan sebaliknya apabila ibadah kita kurang sempurna, namun tidak pernah menyakiti hati orang lain. Maka hadiahnya adalah surga. 
Oleh sebab itu kita sepatutnya bersyukur menjadi hamba Allah SWT dan umat Nabi Muhammad Saw. Ada baiknya kita melakukan hal-hal yang kecil tadi yang telah saya sebutkan diatas. Semoga bermanfaat untuk anda dan terima kasih. 

Baca Juga :  Inilah Keistimewaan Memiliki Anak Permpuan Dalam Islam Yang Perlu Anda Ketahui


kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar