Aladdin Inilah Kedudukan Kucing Dalam Islam Yang Perlu Anda Ketahui | Kang Aladin

Inilah Kedudukan Kucing Dalam Islam Yang Perlu Anda Ketahui



Kucing merupakan hewan yang paling banyak di sukai oleh masyarakat sejak jaman dulu. Salah satunya sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kucing merupakan salah satu hewan kesayangan beliau yang diberikan anma dengan Mueeza. Ketika itu dikala baginda nabi ingin mengambil jubahnya, beliau menemukan kucingnya itu sedang tertidur nyenyak diatas jubahnya itu. Kemudian Nabi pun memotong belahan lengan yang sedang ditiduri oleh kucingnya tersebut. 

Selepas itu ketika Baginda Nabi kembali ke rumah, Mueeza pun terbangun dan menunduk sujud kepada Beliau. Lantas sebagai balasannya, beliau pun mengelus lembut dengan perasaan sayang kepada kucingnya tersebut yang berbadan mungil sebanyak 3 kali. Dalam kesibukan lainnya, setia kali baginda nabi Muhammad sedang menerima tamu. Mueeza selalu berada di pangkuan baginda nabi muhammad SAW. Salah satu sifat yang di sukai oleh baginda pada kucingnya tersebut ialah selalu mengeong ketika waktu azdan telah datang dan mengikuti lantunan adzan tersebut. 

Suatu ketika baginda Nabi Muhammad Saw berpesan kepada para sahabatnya untuk menyayangi kucing dan memeliharanya sebagaimana keluarga kita sendiri. Namun perlu anda ketahui kepada seseorang yang menyakiti hewan yang satu ini. Dalam sebuah hadis shahih dari al bukhari di kisahkan tentang seorang wanita yang tidak pernah memberi makan kucingnya dan tidak pula tidak melepas pula kucingnya untuk mencari makan sendiri. Nabi Muhammad SAW pun bersabda" hukuman bagi wanita ini adalah siksa neraka. 

Dari ibnu Umar RA bahwa Rasululah Saw bersabda " seorang wanita dimasukan ke dalam neraka, karena seekor kucing yang diikat dan tidak diberi makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada dilantai. " ( HR Bukhari )
Keistimewaan Kucing Dalam Islam 

Baginda nabi saw menekankan di dalam bebebrapa hadis bahwasannya kucing adalah hewan yang tidak najis. Bahkan kita di perbolehkan untuk berwudhu menggunakan air bekas minum kucing. Hal ini dikarenakan dianggap suci. Lantas Lantas kenapa baginda Nabi Muhammad Saw mengatakan bahwa kucing itu tidak najis? Menurut fakta ilmiah, pada kulit kucing terdapat otot yang memiliki fungsi untuk mengatasi telur bakteri. Selainitu lidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang berbentuk runcing. Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk membersihkan kulit dan masih banyak yang lainnya tentang beberapa fakta bahwasannya kucing itu tidak najis. 

Selain baginda nabi muhammad Saw istrinya sendiri Aisyah binti abu bakar pun sangat menyayangi kucing dan ketika kucing itu pergi, beliau sangat sedih dengan perasaan takut kehilangan. Selain itu juga para ahli hadis dan tokoh islam lainnya sangat menyukai dan menyayangi kucing.  Sehingga kita juga dapat menyimpulkan bahwasannya kucing itu sangat dihormati dan di sayangi. Alangkah sebaiknya kita mengikuti kebiasaan-kebiasaan terdahulu kita untuk tidak menyakiti hewan paling lucu tersebut. Bahkan di beberapa negara islam di timur tengah. Menyediakan makanan dan taman-tanaman untuk kucing disetiap penjuru kota-kota tersebut. 

Hukum Menabrak Kucing  

Memang sering sekali kita temukan di kota-kota besar yang sangat padat penduduk sering terjadi menabrak kucing, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Sontak hal ini jika dilakukannya tidak disengaja itu tidak beresiko apapun, terkecuali bagi yang disengaja sebaiknya perlu menanggung ganti rugi ke pemiliknya.  Allah swt berfirman" Tidak ada dosa bagimu untuk perbuatan kamu tidak disengaja, tetapi (yang ada dosa) apayang disengaja oleh hatimu" ( Qs. Al Ahzab:5 ).

Oleh sebab itu ketika anda secara tidak sengaja, apalagi yang disengaja menabrak kucing hingga nyawa kucing tersebut tiada. Hendaknya anda segera menguburkannya, agar bangkai kucing itu tidak mengganggu orang lain. Namun ketika hal ini tidak dilakukan maka anda berdosa, karena telah menabrak hewan hingga kehilangan nyawa. 
Maka dari itu kita dapat menyimpulkan bahwa hewan yang sering kita temui di tengah masyarakat ini dalam islam memang memiliki kedudukan yang sangat tinggi. Oleh karena itu berlaku baiklah kepada semua mahluk hidup citaan Allah Swt. 
Baca Juga :

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

2 komentar:

  1. nabrak kucing harus di kuburkan.. bagaima hukumnya kalau menabrak manusia.. ?kebanyakan malah kabur

    BalasHapus
  2. haha kalo nabrak manusia jangan kabur, tapi coba luka nya kasih qnc jelly gamat

    BalasHapus