Aladdin Inilah Cara Hidup Sehat Yang Di Lakukan Oleh Baginda Nabi Muhammad Saw Yang Perlu Anda Ketahui | Kang Aladin

Inilah Cara Hidup Sehat Yang Di Lakukan Oleh Baginda Nabi Muhammad Saw Yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki tubuh sehat, memang perkara yang sangat diinginkan sekali oleh banyak orang. Namun sayangnya tidak semua orang di anugrahi kesehatan prima yang di akibatkan oleh hal-hal tertentu. Perlu kita ketahui untuk mendapatkan tubuh yang sehat tidak mudah yang anda bayangkan begitu saja. Harus melakukan pola hidup yang sehat dan kebiasaan-kebiasaan baik tentunya. 



Oleh karena itu salah satunya cara untuk mendapatkan ke suksesan di dunia dan di akherat hanya dengan mengikuti contoh kebiasaan Baginda Rasullulah Saw. Mulai dari kebiasaan-kebiasaan setiap hari yang dilakukan Rasullulah Saw 24 jam penuh. Oleh karena itu mengenai cara hidup sehat baginda Rasulullah ini perlu anda ketahui dengan baik dan benar semuanya. Agar kita semua mendapatkan kesuksesan di dunia dan di akherat kelak. 

Dengan demikian inilah cara hidup sehat yang di lakukan oleh Baginda Rasullulah Saw. Antara lain sebagai berikut:

  • Mengonsumsi makanan yang halal dan baik

Cara sehat yang pertama yang sering dilakukan oleh rasulullah saw adalah mengonsumsi makanan yang halal dan baik. Seperti ikan laut segar, buah-buahan ( buah tin, zaitun, kurma dan delima ) madu, daging, susu dan biji-bijian ( gandum ). Rosulullah Saw bersabda" Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi. " Diriwayatkan oleh mahmud bin Ghailan.

Kemudian pada pagi harinya Rasulullah saw sarapan dengan segeral air yang sudah dicampurkan dengan madu asli. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Selain itu madu juga dipercaya dapat mengobati segala jenis penyakit. Hal ini menurut para pakar ahli kesehatan, mengatakan bahwa madu dapat membersihkan lambung dari penyakit, dapat menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan. 

  • Tidak berlebihan dalam makan 
Tentu kita sendiri tahu bahwa makanan pada zaman modern ini, banyak sekali hidangan siap saji yang sangat menggoda. Sehingga dalam mengonsumsinya pun kita sering kali dalam kapasitas perut kita dan akibatnya tentu berbagai penyakit muncul dengan mudah dalam tubuh kita. Menurut imam asy-syafi'i " Kekenyangan dapat membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah"

Rosulullah Saw bersabda " tidaklah anak Adam memnuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakan punggungnya. Namun jika ia harus ( melebihkannya ) hendaknya sepertiga perutnya diisi untuk makanan, sepertiga untuk minum dan sepertinya lagi untuk bernafas" 

  • Rutin berolahraga

Rasululah adalah sosok pribadi yang sangat menyukai dengan berbagai macam olahraga, beliau juga kerap mengajak istrinya Aisyah R.a dan anak-anaknya untuk belajar memanah, menunggang kuda dan berenang. Selain ketiga olahraga tadi yang beliau ajarkan kepada sanak keluarganya. Beliau juga terkenal akan kepiauannya sebagai ahli dalam bergulat.
Tentu saja hal ini menyimpulkan bahwa tubuh beliau tidak hanya sehat, melainkan kuat serta beliau juga kerap mengikuti berbagai perlobaan lari dan memanah. Rosullulah Saw bersabda " Ketahuilah bahwa yang dimaksud dengan kekuatan itu adalah memanah, beliau mengucapkannya tiga kali" ( HR Muslim ) Akan tetapi dalam hadist lain menjelaskan " Kamu harus belajar memanah, karena memanah itu termasuk sebaik-sebaiknya permainanmu. ( HR Bazzar dan Thabrani )

  • Tidur lebih awal dan bangun lebih awal

Rosullulah saw tidak memberikan saran untuk umatnya melakukan aktivitas bergadang. Karenanya beliau tidak menyukai makan dan bersenda gurau selepas waktu isya. Jika waktunya tidur sudah datang, Rasullulah Saw akan langsung tidur dan tepatnya selepas isya kurang lebih pukul 21,30. Lalu bangun sebaiknya pada waktu sepertiga malam atau sekitaran jam 3 untuk melaksanakan shalat malam. 

Oleh karena itu waktu yang dihabiskan untuk tidur dalam sehari kurang dari 8 jam. Dalam perhitungan waktu 24 jam untuk 1 hari 1 malam. Sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah kepada Allah SWT dan sepertiganya lagi utnuk tidur yang cukup. Tentu saja hal ini pembagian waktu yang sangat baik yang perlu kita ikuti setiap harinya. 

  • Berbekam

Rasullulah Saw bersabda " Kesembuhan dapat diperoleh dengan tiga cara yaitu dengan meminum madu, ( dengan obat herbal ) dengan berbekam atau hijamah dan terapi besi panas. Dan aku tidak menganjurkan umatku untuk melakukan pengobatan dengan besi panas" ( HR Bukhori ). Dengan demikian dengan rutin setiap hari melakukan bekam, maka tubuh akan terhindar dari segala jenis penyakit dan daya tahan tubuh meningkat. 

Tentu saja berbekam untuk saat ini sudah banyak sekali tersebar dimana-mana. Hampir di seluruh dunia ada media pengobatan bekam. Oleh karena itu hendaknya kita mengikuti kebiasaan ini untuk menjaga tubuh kita agat tetap sehat selalu dan aktivitas pun tidak ada yang terganggu. 

  • Berpuasa

Menurut para ahli kesehatan internasional mengatakan bahwa dengan berpuasa akan membawa kebaikan untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, mengeluarkan racun dalam tubuh dan memperlambat penuaan dini serta menyehatkan organ vital. Allah Ta'alla berfirman yang artinya" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa" ( Qs. Al-Baqarah: 183 )
Kebiasaan Nabi Saw selalu mengerjakan puasa senin dan kamis, puasa 3 hari setiap bulan hijriah, puasa bulan sya'ban, puasa 6 hari bulan syawal, puasa daud arofah, puasa di awal bulan dzulhijjah dan puasa asyura. 

  • Bersosialisasi

Tentunya anda rasakan sendiri secara tidak langsung menjalin ikatan sosialisasi. Ternyata dapat meringankan beban pikiran berlebihan. Oleh sebab itulah janganlah terlalu lama berada dalam rumah, sesekali perbanyaklah berbincang dengan banyak orang atau bersilaturahmi dengan tetangga atau yang lainnya.

Dari Abu Ayub Al Ansori, Rasullulah Saw pernah di tanya tentang amalan yang dapat memasukan ke dalam surga. Lalu beliau pun menjawab" Sembahlah Allah SWT, janganlah berbuat syirik pada-nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan jalinlah tali silaturahmi dengan orang tua dan kerabat. ( HR Bukhari ) 

Oleh sebab itu larangan hukuman keras pun datang pada seseorang yang melakukan perbuatan-perbuatan seperti hadis berikut ini. Dari abu bakroh, Rosullulah Saw bersabda" Tidak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para oelakunya di dunia ini. Berikut dosa yang di simpan untuknya di akhirat yaitu dari perbuatan melampaui batas kezhaliman dan memutuskan tali silaturahmi dengan orang tua dan kerabat. ( HR Abu Daud Tirmidzi dan Ibnu Majah ) 

  • Taat kepada perintah Allah SWT

Poin yang selanjutnya yang perlu anda teladani yaitu taat kepada perintah Allah SWT. Salah satunya yaitu dengan menghindari makanan yang buruk dan rasulullah Saw selalu membaca do'a sebelum makan. Makanan buruk yang dimaksud adalah bukan dari makanan yang haram melainkan tidak di sembelih dengan menyebut nama Allah SWT.  Maka dari itu kita jangan sembarangan asal mengonsumsi makanan tertentu dan hal ini juga perlu di ketahui tentang asal-usul dari makanan tersebut. 
  • Solat Khusyuk

Cara sehat yang selanjutnya yang perlu kita lakukan setiap hari adalah dengan melakukan ibadah shalat yang khusyuk. Rasullulah saw senantiasa selalu melaksanakan ibadah sholat di awal waktu dan berjamaah plus dengan shalat sunah. Untuk ibadah shalat ini sangatlah wajib untuk seluruh mukmin bahkan dalam keadaan sakit pun. Hal inilah yang dapat menjaga kesehatan tubuh jiwa dan raga. 

  • Menjaga kebersihan

Rasullulah Saw selalu tanpil bersih dan rapih setiap hari kamis atau jum'at. Pada hari itu beliau melakukan bersiwak, memakai minyak wangi, mencukur rambut dipipi dan memotong kuku. Oleh karena itu yuk kita ikuti kebiasaan ini setiap hari kamis atau jumat. Agar kita mendapatkan pahala dan termasuk pada orang yang mencintai sunah baginda Rasullulah Saw. 

  • Hindari kebisaan marah yang tidak jelas 
Anda sering marah-marah, ketahuilah hal ini tentu dapat memunculkan penyakit yang sangat membahayakan kesehatan anda. Rasulullah Saw pernah memberika satu nasihat " jangan marah " nasihat ini di ulangi secara terus menerus sebanyak 3 kali. Hal ini terbukti dengan sering marah, anda akan beresiko terkena berbagai masalah kesehatan yang berbahaya. Seperti gangguan pencernaan, sakit kepala dan sakit jantung serta penyakit darah tinggi.
  • Menjaga kesehatan gigi

Hal ini tentu saja sangat penting untuk dilakukan oleh setiap muslin di seluruh dunia yaitu menjaga kesehatan gigi. Rosulullah Saw juga sangat memperhatikan sekali kesehatan gigi dan juga selalu membersihkannya dengan menggunakan siwak. Siwak sendiri yaitu akar dari pohon salvadora persica. Waktu yang disarankan untuk menggunakan siwak adalah sebelum solat, sebelum wudhu, tidur dan bangun tidur.

Dengan demikian itulah beberapa cara sehat seperti yang di contohkan oleh baginda Rasulullah Saw yang mudah dan tidak perlu menghabiskan uang untuk berobat. Hanya dengan mengikuti sunnah baginda Rasulullah Saw. Maka salah satu kesuksesan di dunia dan di akhirat akan anda dapatkan dengan mudah. Semoga niat amal untuk menyampaikan.

kangaladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar