Aladdin Inilah Bahaya Melakukan Imunisasi Pada Bayi Yang Harus Bunda Ketahui | Kang Aladin

Inilah Bahaya Melakukan Imunisasi Pada Bayi Yang Harus Bunda Ketahui

Imunisasi merupakan cara umum ditengah masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara memasukan bii penyakit tertentu yang sudah dilemahkan. Setelah itu bahan inilah yang nantinya akan membuat respon imunitas  untuk tubuh dan tubuh pun bisa memiliki sistem kekebalan dengan cara yang sudah teratur.


Menururt komisi fatwa Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) vaksin yang digunakan untuk kegiatan imunisasi masal mengandung babi, akan tetapi penggunaannya masih dibolehkan sampa ditemukan vaksin lain yang halal. " Vaksin MR produk dari serum institute of india ( SII ) hukumnya haram. Karena dalam proses produksinya menggunakan bahan yang berasal dari babi, akan tetapi penggunaan Vaksin tersebut dibolehkan ( Mubah )" 

Maka dari itu inilah bahaya melakukan imunisasi pada bayi yang harus bunda tahu. Diantaranya:

  • Tubuh dapat mudah mengalami terkena penyakit

Sebenarnya imunisasi ini berperan untuk melawan penyakit tertentu dengan membuat sistem daya tahan tubuh. sistem kekebalan tubuh ini dapat diatur dalam tubuh sesuai dengan anti gen yang dimasukan pada tubuh seseorang. Akan tetapi setiap negara biasanya mempunyai jenis penyebaran penyakit yang berbeda. Maka dari itu ketika imunisasi itu diberikan untuk mengatasi penyakit tertentu, maka pada saat orang itu pergi ke sebuah negara lain masih tertular penyakit. Karena Virus akan masuk ke dalam tubuh lebih cepat dan kemudian menyerang tubuh lebih cepat. Hal inilah yang menjadi resiko tertular penyakit. 

  • Dapat merusak sistem kekebalan alami tubuh

Selain dapat mudah terkena penyakit dengan mudah, melakukan imunisasi juga dapat merusak sistem kekebalan alami tubuh. Pada saat tubuh bisa membuat sistem kekebalan alami, maka sebenarnya tubuh dapat mengatasi penyakit dengan baik. Hal ini berbanding terbalik dengan sistem kekebalan tubh buatan yang berasal dari vaksin yang sudah dimasukan kedalam tubuh. Hanya akan memunculkan reaksi sakit yang lebih parah bisa muncul ketika tubuh bekerja dengan sistem kekebalan alami. 

  • Mengalami demam

Efek dari melakukan imunisasi yang paling umum adalah mengalami demam. Kebanyakan masalah ini kerap diabaikan begitu saja, namun perlu anda ketahui hal ini juga dapat serius yang terjadi akibat dari vaksin yang masuk ke dalam tubuh. . Maka dari itu segera berikan air putih, ASI, atau susu formula untuk menurunkan demam pada bayi tersebut. 

  • Sering rewel dan Nafsu makan menurun

Hal yang selanjutnya dampak bahaya ketika bayi melakukan imunisasi adalah sering rewel dan nafsu makan menurun. Tentu saja melihat kondisi seperti itu orang tua mana yang tega melihat anaknya rewel dan nafsu makannya menurun. Pastinya perasaan bunda sangat sedih dan khawatir terhadap kondisi tersebut. Maka dari itu langkah untuk menghentikannya yaitu dengan menggendongnya dan menghiburnya.

  • Muntah

Selain mengalami rewel dan nafus makan menurun, dampak yang selanjutnya yaitu muntah. Tentunya hal ini berbahaya sekali bagi kesehatan, karena dapat kekurangan cairan dalam tubuh dan terjadinya dehidrasi. Oleh karena itu jika bayi mengalami munta segeralah periska kondisi anak anda ke dokter terdekat untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang lebih lanjut. 

  • Dapat merusak sistem syaraf dalam tubuh

Kandungan dalam vaksin merkuri dan aluminium merupakan bahan pengawet yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun efek dari kedua kandungan itu sangat berbahaya dan perlu anda ketahui yaitu dapat mengakibatkan kerusakan syaraf berat. Tentu hal ini sangat berbahaya sekali terhadap kondisi kesehatan bayi. 

  • Mengalami resistensi terhadap obat tertentu

Vaksin yang dimasukan ke dalam tubuh membuat kondisi ini mengalami resaksi berlebihan terhadap beberapa jenis penyakit tertentu. Resistensi ini terjadi ketika obat sama sekali tidak bisa menghancurkan penyakit dan bahkan dapat memperburuk kondisi penyakit. selain itu imunisasi bisa memicu penyakit baru dalam tubuh dengan kondisi yang lebih parah. Karena sistem kekebalan tubuh tidak mampu melawan penyakit karena sudah mengalami gangguan. 

  • Memperburuk kondisi penderita autisme

Menurut para peneliti yang ahli dalam bidangnya Andrew Wakefield membuktikan jika imunisasi dapat mengakibatkan kondisi yang lebih buruk pada penderita autisme. Sebenarnya bayi yang mengalami penyakit autis bisa mengalami hal yang lebih buruk. Selain itu penyakit autis sudah dibawa sejak bayi dalam kandungan dan bahaya imunisasi bisa menjadi berat. 
Demikianlah informasi yang saya dapat sampaikan untuk anda tentang bahaya melakukan imunisasi pada bayi yang harus bunda ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat banyak untuk anda.
 Baca Juga: Inilah Tata Cara Memotong Kuku Menurut Sunah Rasulullah Saw

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar