Aladdin Sendal Kelom Gelis Nan Elegan Khas Dari Tasikmalaya | Kang Aladin

Sendal Kelom Gelis Nan Elegan Khas Dari Tasikmalaya

Sendal kelom gelis khas tasikmalaya ini sudah banyak orang yang menggunakannya. Kreatifitas pengrajinnya tentu saja modal yang sangat penting untuk terciptanya kelom gelis nan elegan. Untuk tasikmalaya sendiri memiliki produk unggulan yang banyak di gemari di tengah masyarakat. Salah satunya adalah payung gelis, kelom gelis, bordir, hingga tikar. 



Namun sayang nya untuk saat ini ada salah satu produk khas tasik yang keberadaannya mulai langka atau sulit untuk di cari yaitu adalah kelom gelis. Tentu saja hal ini perlu segera di atasi, maraknya produk sendal yang terbuat dari plastik atau lainnya membuat keberadaan kelom gelis mulai tersisihkan. Biasanya kelom gelis ini di buat dari kayu mahoni dan albasia. Proses pembuatannya pun sangat manual dan tanpa menggunakan sedikit pun bantuan tenaga mesin. 

Pada zaman masa kelom gelis banyak di pakai oleh orang, tahun 1960-1980. Kelom gelis ini identik dengan mojang cantik ( sebutan gadis cantik ) dari periangan. Yang di padukan dengan busana kebaya dan berpayung kertas. Tentunya banyak kaum lelaki yang teralihkan pandangan mereka begitu melihat mojang gelis mengenakan kelom beserta kebayanya. 

Namun, berbeda dengan zaman sekarang. Di mana anak-anak sekarang enggan untuk mengenakan buasana seperti kelom gelis dan kebaya. Paling juga mereka menggunakannya hanya dalam acara perpisahan sekolah dan pernikahan. Tentu hal ini menjadi situasi yang perihatin. Dimana penerusnya saja sudah enggan memakainya apalagi orang lain.

Maka dari itu yu kita kenalkan budaya khas tanah sunda ini kepada anak cucu kita. Agar kelak warisan leluhur kita dapat di jaga dengan baik oleh generasi yang akan datang. 

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar