Aladdin Cara Mencangkok Pohon Jeruk Nipis Paling Mudah | Kang Aladin

Cara Mencangkok Pohon Jeruk Nipis Paling Mudah

Jeruk nipis adalah tanaman herbal alami yang banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Buah ini memiliki warna hijau dan kuning yang sangat kaya akan kandungan vitamin C. Buah yang satu ini memang tidak asing di telinga kita, akan tetapi saat ini membudidayakan jeruk nipis sangatlah penting dilakukan. Karena jeruk nipis sangat banyak di cari untuk mengatasi masalah batuk berdahak, pilek, dan radang tenggorokan.


Kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis tentu saja bukan hanya vitamin C saja. Akan tetapi ada kandungan lainnya seperti kalori, protein dan serat. Untuk di indonesia sendiri banyak sekali sentra jeruk nipis yang tersebar di beberapa daerah. Seperti medan, garut, malang, jawa tengah, bali, sulawesi dan kalimantan. 

Memang untuk menanam jeruk nipis ini ada beberapa cara ada yang menggunakan bijinya langsung, cara vegetatif, dan mencangkok. Di antara ketiga cara itu mencangkok adalah cara yang paling banyak mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Keuntungannya pun dapat berbuah dengan cepat di badingkan dengan cara lainnya. 

Cara Mencangkok Pohon Jeruk Nipis Paling Mudah 

Cara mencangkok jeruk nipis tentu ada beberapa tahapan yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu. Untuk tahapan-tahapannya ada di bawah ini. 

Tahapan pertama 

  •  Sediakan pisau tajam tidak mudah bengkok
  • Tali plastik atau tali rapia 
  • Tanah yang gembur dan subur
  • Sesiakan plastik yang berwarna bening atau transparan
  • Pupuk kandang 
  • Dan indukan pohon jeruk nipis yang bagus 

Cara memiliki pohon induk jeruk nipis yang paling bagus  

Untuk cara memilih indukan yang paling bagus tidaklah sulit. Di mana  anda harus memilih pohon yang berkulitas bagus, yang dapat menghasilkan buah yang banyak dan yang paling penting adalah mampu bertahan dengan serangan hama. 

Cara memilih cabang pohon yang akan di cangkok

Di sarankan untuk anda jangan memilih pohon yang terlalu muda dan terlalu tua. Kurang lebih sebesar tangan anak-anak yang berbatang lurus, kuat, berkayu dan pernah menghasilkan buah.  


Tahapan yang kedua pencangkokan

  • Pertama kali yang harus anda lakukan adalah dengan mengupas batang yang telah di pilih kurang lebih pajang 10 cm hingga lebar. Gunakan pisau yang kuat dan tajam agar proses pengupasan dapat di lakukan dengan cepat.
  • Jika batang itu sudah di kupas, lalu bersihkan lapisan tersebut hingga benar-benar terhindar dari lendir dan permukaannya tidak licin.
  • Kamudian, jika batang itu sudah mengering dan bersih. Bungkus tanah yang sudah di campurkan dengan pupuk kompos hingga menjadi padat.
  • Setelah itu sobek plasik itu sedikit saja supaya batang tersebut tertutupi oleh tanah yang terlah di beri campuran pupuk kompos.
  • Kemudian ikatlah menggunakan tali rafia atas dan bawah dengan kuat dan supaya tidak mudah copot dan pencangkokan pun tidak berhasil;
  • Jika semuanya sudah terikat lalu berilah lubang kecil untuk jalannya keluar air agar terhindar dari pembusukan batang jeruk nipis tersebut.
 Cara Melakukan Perawatannya

Perlu di perhatikan cara perawatan pohon tersebut. Di sarankan dalam setiap akhir pekannya wajib menyirami pohon yang sedang di cangkok itu agar terjaga kelembabannya. Jangan terlalu banyak sedikit saja supaya tidak terlihat kering. Jika terlalu basah tidak menutup kemungkinan akan terjadi pembusukan pada cangkokan tersebut. 

Biasanya hasil cangkokan itu berlangsung kurang lebih sebulan atau lebih tergantung cara mencangkoknya apakah baik atau tidak. Untuk memastikannya lihat saja oleh anda apakah sudah ada akar-akar yang muncul pada cangkokan hingga tembus keluar. Jika akarnya sudah terlihat banyak. Maka disarankan untuk di pindahkan pada media tanam yang lain. Seperti pot, polybag atau lahan kosong.

Untuk cara memotongnya juga anda harus berhati-hati jangan dengan gegabah memotongnya. Namun, alangkah baiknya anda gunakan gergaji untuk memotongnya. Hal ini di karenakan untuk menghindari kerusakan pada pohon jeruk nipis tersebut.
Dengan demikian itulah ringkasan tentang cara mencangkok pohon jeruk nipis paling mudah. Semoga bermanfaat banyak untuk anda yang sedang ingin membudidayakan pohon jeruk nipis tersebut.
Baca Juga :  Khasiat Buah Matoa Untuk Mengatasi Penyakit Kanker







kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar