Aladdin Khasiat Daun Sirih Merah Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui | Kang Aladin

Khasiat Daun Sirih Merah Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Piper ornatum atau sirih merah adalah salah satu tanaman alami yang sudah terkenal di bidang kesehatan. Selain sangat baik untuk kesehatan, tanaman ini juga kerap di gunakan sebagai tanaman hias. Pasalnya warnanya yang mencolok serta sangat indah untuk di jadikan hiasan rumah serta kandungannya sangat baik untuk kesehatan. 



Perlu anda ketahui dengan baik, bahwa di dalam setiap lembar daun  sirih mengandung minyak astiri yang berperan sebagai anti septik alami. Selain itu ada polifenol, terpen,fenil popada, vitamin C, tannin, alkaloid, flavoniod, karvanol dan riboflavin. Sehingga dengan adaya hal itu membuat daun sirih merah ini bermanfaat untuk segala macam jenis kesehatan. 

Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

  •  Dapat mengatasi iritasi mata
Manfaat yang pertama daun sirih yaitu dapat mengatasi iritasi mata. Kondisi ini sering di lakukan di tengah masyarakat dan paling banyak di gunakan. Karena setelah menggunakan daun sirih mata akan sembuh dengan seketika. Mengapa hal ini terjadi? Karena di dalam nya terdapat kandungan alkaloid yang berperan untuk menuntaskan bakteri dengan baik. 

  • Dapat mengatasi masalah keputihan pada wanita
Keputihan merupakan hal yang kerap di alami wanita menjelang mensturasi. Tentu hal ini sangat tidak menyenangkan dan sering mengalami tidak nyaman. Biasanya keputihan ini muncul akibat adanya bakteri. Oleh karena itu gunakanlah daun sirih merah sebagai obat alami pembasmi keputihan. Karena di dalam daun sirih merah memiliki kandungan anti bakteri dan mampu membunuh bakteri dengan baik.  

  • Dapat menghentikan mimisan
Mengalami mimisan tentunya hal yang sangat mengkhawatirkan, hal ini di karena kan biasanya penyakit yang berbahaya kerap muncul akibat di tandai munculnya mimisan. Nah, cobalah anda untuk menggulungkan dan memasukan daun sirih merah pada hidung anda, lalu anda tidur terbaring dan tunggu hingga beberapa saat. Dengan seketika mimisan pun akan cepat di atasi.  

  • Dapat mencegah penyakit kanker payudara.
Mendengar namanya saja kita sudah takut itulah penyakit kanker payudara. Masalah kesehatan ini merupakan pembunuh no 1 wanita di seluruh dunia. Tentu hal ini sangat menakutkan sekali bagi wanita. Namun di sini saya merekomendasikan daun sirih merah untuk mencegah kanker tersebut.  Cara memanfaatkannya pun sangat mudah yaitu dengan rutin meminum air rebusan daun sirih untuk menghambat sel kanker tumbuh.

  • Dapat mengatasi penyakit herpes
Penyakit menular ini tentu sangat berbahaya dan perlu segera melakukan penanganan dengan baik sebelum bertambah banyak. Bagi anda yang tidak terkena penyakit herpes, di sarankan untuk tidak melakukan kontak pisik secara langsung atau pun menggunakan barang miliknya. Karena jika itu semua di langgar maka anda akan tertular penyakit herpes tersebut. Gunakanlah rebusan daun sirih merah untuk di minum sebagai obat alami penyakit herpes.

  • Dapat mengatasi penyakit asam urat
Rasa linu yang sangat tidak tertahankan ketika ketika asam urat ini berlangsung. Sehingga hal tersebutlah yang kerap di keluhkan di tengah masyarakat yang menderita asam urat. Tidak ada salahnya anda untuk menggunakan daun sirih sebagai obat alternatif untuk mengatasi  asam urat tersebut.  Cara mengolahnya yaitu anda dengan merebus daun sirih hingga mendidih dan minumlah selagi hangat secara rutin.

  • Dapat mengatasi penyakit diabetes
Penyakit diabtes yaitu masalah kesehatan menahun yang sangat sulit untuk di sembuhkan. Pola makan dan gaya hidup adalah penyebab utama yang mengakibatkan penyakit diabtes mudah di alami. Namun anda jangan khawatir untuk memikirkan cara mengatasinya. Dengan meminum rebusan daun sirih maka dalam tempo yang singkat gula darah anda akan turun dengan cepat.

  • Dapat menyembuhkan penyakit hipertensi
Manfaat daun sirih merah yang selanjutnya adalah dapat menyembuhkan penyakit hipertensi. Pada umumnya masalah kesehatan yang satu ini di akibatkan oleh beban pikiran yang terlalu banyak serta pola makan yang tidak teratur. Namun, anda tidak ada salahnya untuk menggunakan rebusan daun sirih merah untuk mengobati penyakit hipertensi. Cara tersebut merupakan paling mujarab yang kerap di lakukan masayarakat setempat untuk menurunkan penyakit hipertensi.
 
  • Dapat mengatasi luka bakar dengan singkat
Dan manfaat daun sirih yang terakhir adalah dapat mengatasi luka bakar dengan singkat. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan menggunakan hasil tumbukan daun sirih yang telah di campurkan menggunakan madu. Kemudian oleskan pada bagian luka bakar tersebut secara merata, lakukan cara tersebut secara rutin.  
 
Efek Samping Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan
Segala sesuatu yang berlebihan tentunya akan menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya. Bukan sembuh dari penyakit yang di dapatkan tetapi malah sebaliknya. Seperti untuk masalah keputihan, memang khasiatnya dapat menghilangkan bau aroma yang tidak sedap dari keputihan tersebut. Namun jika di lakukan terlalu banyak maka akan mengakibatkan iritasi pada daerah kewanitaan.  
 
Namun bahaya yang di timbulkan bagi ibu hamil dan menyusui tentu perlu anda waspadai. Jika mengonsumsi rebusan daun sirih secara berlebihan maka akan berdampak buruk bagi janin yang di kandungnya. Sedangkan bagi ibu menyusui dapat berkurang pasokan asi.  Nah, itulah beberapa efek samping yang berasal dari daun sirih untuk kesehatan.
Dengan adanya pembahasan khasiat daun sirih merah dan efek sampingnya bagi kesehatan dapat bermanfaat bagi anda.


.

 

kangaladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar