Aladdin Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Secara Alami Tanpa Obat | Kang Aladin

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Secara Alami Tanpa Obat

Perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan merupakan hal yang kerap menimbulkan masalah kesehatan. Seperti pilek dan flu serta hidung mengalami mampet sebelah. Pasti semua orang pernah mengalami masalah hidung tersumbat mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Oleh karena itu, perlu anda ketahui di dalam artikel ini saya akan mengupas cara mengatasi hidung mampet sebelah secara alami tanpa obat. Untuk penjelasan yang selanjutnya ada di bawah ini. 



Mengalami hidung mampet sebelah tentu sangat mengganggu  pernapasan  dan membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi masalah ini muncul ketika kita hendak tidur, tentu hal itu dapat mengalami kesulitan bernapas dan tidur pun menjadi terganggu. Biasanya gangguan kesehatan ini di akibatkan oleh adanya lendir di dalam hidung yang sulit untuk keluar. Maka dari itu kita hendaknya mengetahui penyebab hidung mampet dengan baik agar dapat mengatasinya dengan cepat.

Penyabab Hidung Mampet Sebelah

Akan tetapi sebelum kita membahas lebih lanjut ada baiknya kita mengupas tentang penyebabnya. Agar dalam melakukan pengobatannya tidak menyalahi aturan. Maka dari itu berikut merupakan penyebab hidung mampet sebelah yang perlu anda ketahui. Di antaranya: 

  • Kehamilan  
Penyebab pertama hidung mengalami mampet sebelah adalah kehamilan. Kabar bahagia tentunya jika seorang pasangan yang sudah menikah, tentu kehamilan ada hal yang di tunggu-tunggu. Namun hal tersebut kerap di terpa gangguan kesehatan yang kerap di alami oleh ibu hamil. Di antaranya sering mengalami hidung mampet sebelah. 

  • Alergi 
Dan untuk penyebab yang selanjutnya adalah alergi. Mengalami alergi adalah yang sangat menjengkelkan, di mana kita tidak mengonsumsi sesuatu secara sembarangan. seperti olahan sea food. ikan asin dan lain-lain. Tentu bagi orang memiliki riwayat alegi akan sangat beresiko tinggi sering mengalami hidung mapet sebelah. 

  • Mengalami polip hidung
Polip hidung merupakan adanya benjolan seperti daging yang tumbuh pada rongga lubang hidung sehingga mengalami penyumbatan. Tentu hal ini tidak boleh di abaikan begitu saja, memang hal ini tidak berbahaya. Namun di sudut lain kondisi tersebut kerap menimbulkan rasa tidak nyaman yang terjadi pada bagian hidung. Maka dari itu segeralah melakukan konsultasi dengan tim dokter agar mendapatkan saran dan pengobatan yang lebih baik.

  • Sinusitis
Penyebab hidung mampet sebelah yang berikutnya adalah adanya sinusitis. Untuk sinusitis sendiri merupakan adanya peradangan pada dinding sinus. Biasanya hal ini muncul adanya infeksi bakteri dan virus. Tapi kondisi seperti itu juga kerap bersamaan dengan mengalami batuk dan hiung mengalami mampet sebelah.

  • Gejala pilek dan flu
Dan untuk penyebab yang terakhir hidung mengalami mampet yaitu merupakan gejala dari pilek dan flu. Tentu penyebab yang satu ini kerap di alami di tengah masyarakat. Pada saat kita mengalami hidung mampet, Pastinya itu semua di akibatkan kondisi tubuh kita sedang mengalami pilek dan flu. Maka dari itu segeralah melakukan pengobatan agar anda dapat sembuh dari masalah kesehatan yang menjengkelkan tersebut.
 
Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah Secara Alami 

Setelah kita mengetahui tentang penyebab hidung mampet sebelah. Langkah selanjutnya adalah cara mengatasi hidung mampet sebelah secara alami. Mengenai cara mengatasinya tentu sangat banyak sekali, namun di sini saya akan merekomendasikan cara yang paling mudah untuk mengatasi hindung mampet sebelah secara alami. Nah, untuk dari pada itu berikut adalah Solusi mengatasi hidung mampet secara alami yaitu:
 
  •  Memperbanyak minum air hangat
Memperbanyak minum air hangat tentu sangat efektif untuk mengatasi hidung mampet dengan ampuh. Sehingga lendir yang ada di dalam hidung mengalami encer dan mudah di keluarkan. Anda bisa meminum air hangat jahe, lemon tea hangat dan susu jahe hangat. Lakukan cara tersebut hingga hidung mampet yang anda alami sembuh. 
 
  • Mengonsumsi makanan yang pedas
Siapa sih yang tidak menyukai makanan pedas, pastinya semua orang menyukainya. Apalagi dalam kondisi cuaca yang sangat dingin atau hujan, tentu solusi terbaiknya adalah mengonsumsi makanan pedas. Selain itu makanan yang mengandung pedas ternyata sangat ampuh dan efektif dalam mengatasi hidung mampet. Sehingga lendir pun akan mudah keluar karena mengalami kepedasan.  
 
  • Uap Air Panas
Cara mengatasi hidung mampet yang selanjutnya adalah dengan uap air panas. Cara paling banyak di gunakan di kalangan masyarakat, terutama orang ppedesaan. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu dengan menyediakan air panas ke dalam baskom secukupnya saja. lalu hadapkan wajah anda di atas baskom, kemudian tutup kepala kita menggunakan handuk.  
 
  • Dengan meninggikan posisi tidur
Masalah kesehatan ini kerap mengganggu tidur anda yang di mana hal ini sering mengakibatkan terjadinya kesulitan bernapas.  Solusinya sangat mudah sekali yaitu dengan meninggikan posisi tidur anda, sehingga lendir dapat keluar dengan mudah dan kita dapat bernapas dengan mudah. 
 
  • Bawang putih
Dan untuk cara yang terakhir yang dapat mengatasi hidung tersumbat adalah bawang putih. Tentu aroma yang tidak sedap yang ada pada bawang putih ini sangat membantu untuk mengatasi hidung tersumbat. Caranya yaitu dengan membersihkan terlebih dahulu bawang putih hingga bersih. Lalu iris bawang putih dan ciumlah aroma bawang tersebut. 
 
Demikianlah beberapa cara mengatasi hidung mampet sebelah secara alami tanpa obat. Bila anda mengalami hidung mampet, gunakanlah cara yang di atas dengan baik dan benar. Karena dapat mengatasi hidung mampet sebelah dengan ampuh.

Baca Juga :



 

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar