Aladdin Meletusnya Anak Gunung Krakatau | Kang Aladin

Meletusnya Anak Gunung Krakatau

Kang Aladin - Pada Tanggal 11 Juli 2018, Gunung Anak Krakatau yang terlatak pada tengah lautan tepatnya di sekat sunda, provinsi Lampung. Meletusnya Gunung ini sangatlah mencemaskan bagi beberapa orang yang berdekatan dengan gunung tersebut. Mengapa tidak, letaknya yang berada di laut membuat sebagian orang panik, karena bisa jadi menimbulkan Tsunami.



Pada tanggal 11 Juli Saja sudah terjadi ledakan sekitar 56 kali. "Letusan disertai lontaran abu vulkanik, pasir dan suara dentuman. Secara visual pada malam hari teramati sinar api dan guguran lava pijar. Hembusan 141 kejadian dengan durasi 20-172 detik," terangSutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB .

Apakah Letusan Gunung Anak Krakatau saat ini Menimbulkan Tsunami

Untuk status saat ini letusan gunung anak krakatau berstatus waspada dengan jangkauan radius 1 km juga tidak berbahaya. Namun himbauan kepada masyarakat haruslah tetap siaga.

Sejarah Letusan Gunung Anak Krakatau

Awal letusan Krakatau terjadi pada tanggal 1883 saat itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Letusan tersebut menyebabkan pulau-pulau di sekitatnya menjadi lenyap. Letusan tersebut tetap berlangunsg pada Februari 1884. Letusan ini menyebakan korban jiwa setidaknya 36.417 orang.

Kehebatan Letusan gunung Krakatau ini terdengar sampai ke penjuru dunia. Pada saat itu letusannya terdengan sampa dengan Diego Garcia yang berda di Samudra Hindia. Bahkan yang paling mengejutkan adalah ketika gelombang tsunami sampai ke pesisir Afrika Selatan dan Selat Channel.

Pada saat letusan itu krakatau menjadi gunung appi yang melutus terdahsayt di Seluruh dunia.

Apa saja Dampak Jika Krakatau Melutus

Jika Gunung Krakatau Meletus maka akan menimbulkan beberapa dampak yakni:

  • Hujan Abu Vulkanik yang akan mencapai Luar Negri
  • Akan ada beberapa selat lautan yang terkena goncangan
  • Gempa Bumi yang hebat
  • Wilayah Lampung akan terkena dampak
  • Dan Masih Banyak Lagi Wilayah Lainnya yang terkena dampaknya
 Baca Juga :  Cara Mengatasi BAB Berdarah

kangaladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar