Aladdin Tips Mencegah Maag Saat Puasa Agar Tidak Kambuh | Kang Aladin

Tips Mencegah Maag Saat Puasa Agar Tidak Kambuh

Untuk menyambut bulan yang suci ini, bulan yang dimana ummat Islam melaksanakan kewajibannya yakni Berpuasa di Bulan Ramadhan. Tentunya Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi memiliki dampak yang sehat bagi tubuh manusia.

Para peneliti mengemukakan bahwa puasa sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. Berikut merupakan keuntungan bagi orang yang berpuasa.

  • Mencerdaskan Otak Dan Daya Ingat
 Puasa adalah cara dimana kita berkonsentrasi sangat penuh dengan terus fokus menahan lapar dan haus. Hal inilah yang dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih sehat. Konsentrasi akan lebih meningkat dibandingkan ketika kita tidak berpuasa.

  • Mengontrol Berat Badan
Berat badan pada orang yang berpuasa akan tetap stabil atau mengalami penurunan secara sehat. Hal ini bisa dijadikan oleh anda sebagai cara diet yang sehat.

  •  Menyehatkan Sistem Pencernaan
Dengan adanya aktifitas menahan diri dari haus dan lapar dengan jangka waktu tertentu ternyata akan berdampak baik pada sistem pencernaan anda. Dengan Puasa selama 30 hari anda akan terbebas dari beberapa masalah gangguan racun yang ada dalam sistem pencernaan.

  • Mencegah Penyakit Kanker
Beruntunglah bagi anda yang melakukan puasa dengan sehat, karena pada dasarnya puasa juga bisa menjadi pencegahan penyakit kanker. Orang yang berpuasa didalam tubuhnya terdapat sistem metabolisme yang kuat dan sel-sel yang sehat dan tidak akan berubah menjadi sel abnormal yang akan menyebabkan sel kanker muncul.

Namun ingat Semua hal diatas berlaku bagi anda yang menjaga puasa dengan sebaik-baiknya. Seperti apa puasa yang baik? yakni dengan menjaga kesehatan. Biasanya jika seseorang berpuasa dengan tidak sehat maka akan menimbulkan hal seperti maag.

Tetapi anda tidak perlu khawatir kini, saya akan memberi  Tips Mencegah Maag Saat Puasa Agar Tidak Kambuh. Simak ulasannya dibawah ini:

  • Memperhatikan Porsi Makan
Porsi makan biasanya akan bertambah ketika kita sahur maupun berbuka. Namun ternyata hal tersebut tidaklah baik, alangkah baiknya anda makan dengan secukupnya tanpa berlebihan. Makanan yang terlalu banyak anda makan akan menyebabkan peningkatan asam lambung. Nah asam lambung tersebut bisa melukai lambung anda dan menyebabkan penyakit maag.

  • Tidak Mengonsumsi Makanan Pedas
Makanan Pedas baik dalam bulan puasa atau tidak, ini sangat tidak dianjurkan. Makanan-makanan pedas yang berbahaya adalah pedas dari olahan cabe yang sudah di keringkan atau yang sering kita sebut dengan  aida sangatlah berbahaya bagi perut anda. Ada baiknya anda menghindari hal tersebut.

  • Mengonsumsi Makanan Kaya Akan Serat
Makanan kaya akan serat merupakan anjuran yang sangat baik ketika sedang berpuasa.  Makanan-makanan kaya akan serat ini sangat baik bagi tubuh anda dikarenakan bisa memperlancar proses sistem pencernaan tubuh. Dianatara makanan kaya akan  serat adalah Brokoli, apel, nanas, beras merah, kacang merah, pisang dan masih banyak lagi yang lainnya.


  • Perbanyak Minum Air
Usahakan bagi anda yang  tidak ingin terserang penyakit maag saat puasa adalah memperbanyak minum air. Selain akan menghindarkan anda dari sakit maag anda juga akan terhindar dari yang namanya dehidrasi. 


Baca Juga : Tips Mengecilkan Berat Badan Bagi Orang Gemuk

kangaladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar