Aladdin Memahami Makna Bersyukur | Kang Aladin

Memahami Makna Bersyukur

Apa itu Bersyukur?

Syukur berasal dari bahasa arab yakni ﺷُﻜُﺮ yang berti berterima kasih kepada Alloh SWT. Sekarang pertanyaannya Sudahkah kita ini Bersyukur? mungkin salah satu dari anda ada yang menjawab 50% atau mungkin 90 %. Namun anda harus ingat kita ini diberi kehidupan dan dijamin oleh Allah SWT, mengapa kita hanya bersyukur hanya sebatas itu? 

Kita lupa akan bersyukur ketika didalam pikiran hanya ada rasa mengeluh saja. Melihat orang lain punya sesutu yang tidak dipunya oleh kita, lantas kita mengeluh. Coba merubah pola pikir anda dengan pikiran yang positif, serahkan semuanya pada Alloh SWT. 

Apakah anda tahu sebenarnya bagaimana implementasi dari bersyukur?  Alloh SWT sudah menggambarkan secara jelas dengan Firman Alloh SWT.

"Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur."
(Qs: An Nahl. Ayat 78) 

Penjelasan:

Dalam ayat diatas intinya implementasi bersyukur terbagi menjadi tiga bagian  yakni:

1.Pendengaran

Coba anda bayangkan, makna syukur anda dalam hal pendengaran hari ini untuk apa saja? apakah hanya untuk mendengar berita-berita yang tidak jelas karuan? marilah kita renungkan sejenak. Seharusnya dalam kita indera pendengaran itu ada baiknya dibuka untuk hal-hal yang diridoi Alloh SWT. Itulah sebaik-baik bersyukur akan diberinya pendengaran.

2Penglihatan

Yang kedua Penglihatan. Sudahkah kita bersyukur dengan penglihatan kita sekarang? ini adalah hal yang penting dalam bersyukur. Karena sifat manusia ini tidak lepas dari apa yang dipandanganya. Banyak orang yang melihat lalu merasakan nikmat yang diberikan.  Ada baiknya kita menggunakan indera penglihatan kita dalam hal-hal yang baik.

 3.Perasaan

Dalam hal seperti ini perasaan merupakan inti dari semuanya. Dimana rasalah yang menjadi tumpuan dalam makna bersyukur. Semua yang kita lihat dan kita dengar akan menuju rasa. Rasa tergantung kepada anda sendiri, rasa yang menikmati dan legowo adalah suatu cara bersyukur kepada Alloh SWT.

Sudahkah Hari Ini Kita Bersyukur? 

Dalam ketiga hal diatas apakah kita sudah bersyukur?  jika kita sudah benar-benar dalam pemahaman bersyukur diatas, maka kita adalah termasuk orang orang yang beruntung. Oleh karena itu mari kita sama-sama dalam memaknai arti syukur ini dengan sebenar-benatnya. Bukannya saya orang yang pandai bersyukur, tetapi marilah dalam hal kebaikan ini kita sama-sama bersyukur. 

Luangnkan waktu dalam setiap kegiatan untuk merenung dan memuji Alloh SWT dan ucapkanlah terimakasih kepada NYA.
 

kangaladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar