Aladdin Belajar Ilmu Tauhid | Kang Aladin

Belajar Ilmu Tauhid

Apa itu ilmu tauhid? tauhid menurut artian yakni menjadikan sesuatu Esa. Maksud dari Esa ini adalah meyakini bahwa Allah SWT. itu Maha Esa. Ilmu tauhid dapat diartikan sebagai ilmu yang membicarakan tentang tata cara menetapkan suatu aqidah dalam wujud agama dengan berdasarkan dalil-dalil yang meyakinkan, baik dalil naqli, dalil aqli maupun dalil perasaan.


Seorang sarjana di Barat menerjemahkan tauhid ini dengan istilah theologi Islam. Dimana mempunyai artian sebagai Theos merupakan Tuhan dan Legos merupakan Ilmu. Jadi mereka menyimpulkan bahwa Tauhid ini adalah Ilmu Ketuhanan.

Dari Ilmu Ketuhanan ini di implementasikan dengan artian :

  1. Suatu Perbincangan pengetahuan agama yang membahas mengenai Tuhan dan Manusia. Dan hubungan Manusia dengan Tuhannya.
  2. Pemikiran manusia yang sistematis akan hubungannya dengan Alam Semesta
  3. Ilmu yang membahas fakta-fakta dan gejala agama dan hubungannya antara Tuhan dan Manusia.
Dari tiga aspek tadi dapat disimpulkan bahwa Ilmu Tauhid merupakan suatu ajaran agama yang di implementasikan dengan tata cara berhubungan dengan Tuhan dan Seluruh ciptaan Tuhan. Ilmu Tauhid ini sangat jarang dipelajari oleh orang-orang.

Adapun tujuan dengan mempelajari Ilmu tauhid ini adalah mengenal Allah SWT dan Rasulnya dengan sebuah dalil yang pasti dan menetapkan seseuatu yang wajib dari Allah SWT. dan membenarkan semua Rasul-rasul Allah SWT. Didalam Ilmu tauhid sendiri akan dibahas tentang zat Allah dan zat para Rasulnya.Ilmu Tauhid ini ada tiga bagian yakni Wajib, Mustahil dan yang terakhir adalah jaiz.

Sejarah Ilmu Tauhid ini telah ada sejak dahulu kala. Karena ini merupakan ajaran Islam sesungguhnya. Ilmu Tauhid telah dipelajari dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW. Namun perbedaan dari ajaran Tauhid Nabi-Nabi  yang terdahulu adalah cara penyebarannya. Karena Tauhid yang diajarkan Nabi Muhammad adalah Tauhid penyempurna Para Nabi sebelumnya.

Dalam Penyebaran ajaran Ilmu Tauhidnya semua Nabi Sama yaitu MengEsakan Allah SWT. Maka dari itu kita harus meyakini bahwa dengan ber Tauhidlah kita akan menjadi tenang dan aman karena semua diserahkan kepada Allah SWT. 

Mohon Maaf bila ada perkataan yang kurang tepat atau akurat, mohon untuk memberi tahu yang sebenarnya. Karena disini saya hanya ingin belajar mengamalkan dan doakan agar ucapan saya bisa saya laksanakan... Aamiin 

kangaladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar