Aladdin Terapi Bekam | Kang Aladin

Terapi Bekam

Bekam merupakan pengobatan yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. karena didalam bekam ini mampu mengeluarkan racun-racun didalam tubuh kita, sebagaimana sabda beliau :
“Kesembuhan bisa diperoleh dengan tiga cara: minum madu, sayatan pisau bekam, dan sundutan besi panas, dan aku melarang umatku (menggunakan) pengobatan dengan besi panas”(HR. Al-Bukhari, dikeluarkan juga oleh Ibnu Majah, Ahmad dan Al-Bazzar)

Walaupun ada perselisihan para 'ulama yang menyebutkan bahwa bekam itu sunnah ataupun mubah, tetapi dengan bukti hadist tersebut Rasul pernah melakukannya. Ada pula pendapat para 'ulama yang lain menyebutkan bahwa bekam itu bukan sunnah tetapi pengobatan saja. Dikembalikan kepada kalian masing-masing apakah penilaian kalian tentang hal tersebut. Jika menganggap bahwa sunnah maka akan mendapat pahala. Dan apabila menganggap mubah maka tidak apa-apa, toh juga bekam merupakan salah satu cara rasul dalam mengeluarkan racun.

“Sebaik-baiknya pengobatan yang kamu lakukan adalah Al Hijamah (Bekam)” (HR. Ahmad)
 Titik-titik bekam yang di lakukan oleh Rasulullah SAW. diantaranya:

1.Titik Punggung Atas Telapak Kaki (Zhahrul Qadami)
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam di atas punggung kaki dari rasa sakit yang beliau rasakan, padahal beliau sedang berihram” (HR. Ibnu Khuzaimah)
Lokasi titik zhahrul qadami terletak 1 jari di atas pertemuan antara ibu jari kaki dan telunjuk kaki (lekukan distal diantara pertemuan tulang metatarsal I dan II).
Titik Bekam diatas ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, baik penyakit medis maupun penyakit non medis. diantaranya penyakit seperti : darah tinggi, kolesterol, asam urat, migrain, jantung, asma, paru-paru, diabetes, pegal linu, maag, alergi, batuk, masuk angin, struk, kesurupan, gangguan jin, santet, pelet dll.

2.Ala Warik (Titik Pinggang)
“Nabi ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam telah dibekam pada pinggangnya” (HR. Abu Dawud dan an Nasa-i)

3.An Naa’is/al Katifayn (Titik Bahu)
Ini adalah titik yang dibekam ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terkena racun pada saat penaklukan Khaibar. Imam Ibnu Qayyim rahimahullah mengatakan,
“Ketika Nabi ShallallaHu ‘alaiHi wa sallam berbekam pada bagian bahu dan merupakan lokasi terdekat ke jantung yang mungkin dibekam, maka zat beracun dalam darah itu pun keluar” (Metode Pengobatan Nabi)

4.Al Akhda’ain
Terjadi perbedaan pendapat tentang penetapan titik al Akhda’ain di kalangan terapis bekam. Namun demikian menurut titik bekam nabi1 181x300 Titik Bekam Sunnah Rasulullah SAWSOP (Standard Operating Procedure) dari ABI, titik al Akhda’ain terletak di sekitar internal jugular vein di bawah garis batas rambut kepala belakang.

5.Di bagian punuk (al Kaahil)
Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
“Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam di tiga tempat, dua di al akhda’ain dan satu di al kaahil” (HR. Ahmad)
Berkata Imam asy Syaukani, “al KaaHil adalah apa-apa yang berada diantara dua pundak, berada pada ruas punggung yang pertama”

6. Di tengah kepala/puncak kepala (Ummu Mughits)
Dari Abdullah bin Buhaimah, ia berkata,
“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam di tengah kepala di (suatu tempat bernama) Lahyi Jamal sewaktu menuju ke Mekah ketika beliau sedang ihram” (HR. al Bukhary)

Keenam jenis bekam tersebut pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Kesimpulannya bahwa terlepas dari perdebatan para 'ulama, menurut Kang Aladin apabila perintah dari Rasul SAW. seperti itu maka, kita harus mengikutinaya, karena apa yang dalam tindakan beliau semata-mata bukanlah datang dari nafsu egonya tetapi yang datang dan diucapkan beliau adalah wahyu dari Allah SWT.

Sekian yang dapat kang aladin sampaikan. Jangan lupa baca artikel lainnya dengan judul khasiat daun binahong

kangaladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

1 komentar:


  1. It's very trouble-free to find out any matter on net as compared to books, as I found this paragraph at this website. netflix account

    BalasHapus