Aladdin Teknik Pengambilan Gambar Yang Baik | Kang Aladin

Teknik Pengambilan Gambar Yang Baik

Baiklah ini adalah lanjutan dari pokok bahasan yang kemarin kang aladin buat tentang dunia photograpy. Seseorang belum dikatakan mahir dalam seni fotografi bila tidak tahu akan teknik dasar pengambilan gambar yang baik. Jika sudah mahir dalam teknik dasar nya saja Insya alloh akan menjadikan kamu menjadi photographer terbaik. 

Saya ambilkan contoh foto seperti dibawah ini. Ini adalah teknik yang sangat baik karena objek berada di tengah dan proporsional untuk dilihat. Gambar dikatakan tidak bagus dikarenakan kurangnya kesadaran akan pengambil gambar yang menempatkan objek semena-mena.


Ini adalah jenis fotografi Makro. Mengapa disebut makro? dikarenakan tujuannya yakni memotret objek yang berukuran kecil. Biasanya jika kita memotret ingin memfokuskan terhadap objek  alangkah baiknya kita menggunakan lensa fix ataupun juga sapu jagat. Namun disini saya menggunakan lensa fix, Mengapa lensa fix? menurut saya agak mudah sih dalam hal memegangnya. Lumayan bisa cukup stabil. 

Dengan teknik gambar yang enak dipandang maka akan menghasilkan gambar yang menarik. Adapun teknik pengambilan gambar menurut Kang Aladin yang sangat baik sebagai berikut:

1. Centre Point Shoot

Centre Point shoot yang artinya menitik beratkan pada objek berada ditengah. Jenis teknik pengambilan gambar ini sering dipakai photographer pada saat lomba fotografi yang objeknya berupa manusia. Ini adalah contoh dari penempatan objek berada ditengah.


Terlihat kan dimanayang jadi fokus utama yang kita lihat adalah model tersebut diandingkan dengan orang-orang yang berada dibelakangnya. Hal ini menjadikan kita lebih tertarik dibandingkan dengan jika objek berada di sisi kanan ataupun kiri. Jadi foto pun akan berarti jika menyesuaikan objek dengan keadaan sekitar Dan mau tentang apa yang ditonjolkan.

2. Right/Left  Side Shoot

Yang kedua adalah dengan menempatkan objek disisi kanan ataupun kiri. Hal ini biasanya bukan menonjolkan model utama, tetapi menonjolkan subjek. Seperti menonjolkan pemandangan yang sedang dilihat oleh objek utama.
Bisa dilihat ketika mengambil teknik gambar seperti ini yang ditonjolkan bukan hanya satu tetapi aktifitas  yang ada. Contoh gambar diatas adalah sedang menceritakana akan sebuah aktifitas lingkungan. Teknik gambar ini lebih cocok dipakai untuk gambar seperti ini ataupun bisa dipakai ketika terjadi demo.

3. Teknik Gambar Memperkrnalkan Lingkugan sekitar

Teknik-teknik ini sering dipakai oleh backpacker Photography yang ingin mengenalkan keadaan lingkungannya. Hal seperti ini menonjolkan bukan hanya pada objek tetapi subjek pun akan terlihat jelas dengan gambaran keadaan-keadaan di sekitar
Saya sarankan untuk anda orang-orang yang hobi berpetualang dengan destinasi wisata yang indah alangkah baiknya anda mencoba hal seperti ini, bukan tidak mungkin hasil yang anda bawa nanti akan menjadi juara pada saat lomba fotografi.

Sekian yang bisa saya sampaikan semoga dengan adanya artikel mengenai teknik pengambilan gambar ini akan bermanfaat bagi anda.



kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar