Aladdin Photography | Kang Aladin

Photography


 Photography

Photography atau dalam bahasa Indonesia berarti Seni Fotografi. Apakah anda tahu akan pengertian fotografi yang sebenarnya? fotografi diambil dalam istilah Yunani konon katanya dari kata "phos" yang artinya menulis atau juga ada yang mengartikan dengan melukis. Dan kata kedua dari "graphein" yang berarti cahaya. Sehingga banyak orang mengartikan karya seni photography dengan istilah seni menulis cahaya atau seni melukis dengan cahaya. Namun istilah cahaya menurut kang aladin bukanlah cahaya yang dalam istilah sehari-hari, tetapi cahaya tersebut mengarahkan pada satu alat yang menangkap atau mengeluarkan cahaya seperti Kamera.

Memang dari dulu sampai dengan sekarang fotografi selalu identik dengan cahaya. Mengapa cahaya? karena letak seni melukis ini ditentukan oleh seberapa kuat penempatan kamera kita terhadap cahaya. Semakin kita mampu mengatur cahaya dengan baik maka gambar yang akan dihasilkannya pun akan baik. Sebaliknya semakin kita kurang dalam menentukan penempatan cahaya maka akan semakin buruk pula gambar yang dihasilkan.

Banyak sekali seniman-seniman fotografi di era modern ini yang  mampu menjadikan hobi menjadi uang karena seni fotografi ini. Bagaimanakah seni fotografi ini bisa menjadi uang? jelas harus ada point-point tertentu yang harus ada dalam hasil jepretan kita. Point-pointnya meliputi :
  1. Seberapa kuat fokus  gambar yang dihasilkan oleh kita
  2. Jenis Foto harus mempunyai cerita
  3. Penempatan angel yang baik
  4. Keindahan objek tertentu
  5. Subjek tidak mengganggu objek bidikan kita
  6. Kepekaan cahaya yang kuat
  7. Re-touching (Untuk fotografi yang memerlukan Editing Gambar)
Kita akan membahas jenis foto yang bagus dalam segi penilaian karya seni fotografi.
Didalam foto ini bisa dilihat dimana tingkat ke fokusan objek lebih jelas dibandingkan dengan subjek. Subjek terlihat kabur atau dalam istilah seni fotografi disebut dengan bookeh. Jenis fotografi seperti inilah yang sangat diunggulkan. Bahkan pada saat lomba fotografi tingkat dunia, jenis fotografi yang disebut fotografi human interest ini menjadi pemenangnya. Mengapa demikian? dikarenakan adanya penilaian yang mencakup keseluruhan seperti pada point-point diatas. Didalam foto tersebut dikatakan bagus dikarenakan mempunyai makna dan arti .

Apa saja yang harus dilakukan jika ingin mendapatkan foto yang sempurna?

Apa saja yang harus dilakukan? baiklah kang Aladin beri saran, supaya mendapatkan foto yang sempurna anda harus melakukakn hal berikut:
  1. Latihan dengan giat, dan terus mengikuti lomba
  2. Anda harus peka terhadap cahaya dan bisa mengaturnya
  3. Anda harus tahu mana saja yang harus ada dalam in frame kamera
  4. Harus mempunyai sebuah cerita
  5. Memiliki kamera dan lensa yang kepekaan terhadap cahaya baik
Jenis Kamera modern (Dslr)

kamera DSLR atau Digital Single Lens Refleks, yang sering dipakai oleh seniman fotografi di Indonesia. Dan tidak menutup kemungkinan ada juga yang menggunakan jenis yang lain. DSLR dipakai dalam memotret gambar dikarenakan penggunaannya yang sangat mudah. Dilengkapi dengan digitala lens menjadikan kamera ini sangat mudah mengatur cahaya. Memang harga dari DSLR ini  cukuplah mahal. 

Ambil contoh dengan Canon EOS 1300D,1200D,600D,60D sampai 1D. Semakin kecil semakin bagus pula gambar yang dihasilkan, begitu juga dengan uangnya semakin kecil emakin besar pula uang yang harus dikeluarkan untuk membeli alat yang satu ini. Dalam tingakatan seperti ini maka semakin bawah semakin bagus dalam mengatur cahaya yang masuknya.
 
Semakin kita rajin melatih kemampuan kita dalam menangkap gambar dan ditopang dengan alat yang memadai dan canggih, maka akan semakin membaik pula gambar yang dihasilkan -Kang Aladin-
Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga dengan penulisan tentang photography ini akan menjadi inspirasi buat anda. Jangan lupa baca artikel lainnya dengan judul Terapi bekam
Sekian dan Terimakasih.....

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar