Aladdin Mudik Lebaran | Kang Aladin

Mudik Lebaran

Mudik lebaran istilah orang Indonesia menyambut hari Raya Idul fitri. Apa itu mudik ? mudik adalah kebiasaan orang-orang Indonesia pulang kampung sebelum hari raya tiba. Mungkin setelah bertahun-tahun mereka merantau entah pergi merantau untuk mencari nafkah, mencari ilmu dan lain sebagainya menjadikan hari yang besa r ini menjadi momentum berkumpul bersama keluarga.


Mudik akan berhubungan dengan perjalanan, dimana pada saat mudik jalanan menjadi macet karena kendaraan yang sangat membludak. Hal tersebut juga terjadi di H-2 Lebaran dimana beberapa tol menunjukan kemacetan yang parah seperti terjadi di Tol Bekasi-Cikarang, Tol brebes-kendal dan tol yang lainnya pun sama. Mungkin bisa berjam-jam atau berhari-hari sampai ke Kampung Halamannya.

Kebiasaan Orang di Indonesia yang menyebabkan kemacetan adalah tidak maunya mereka menggunakan fasilitas umum seperti bus dan lainnya menjadikan jalanan macet total. Faktor lainnya adalah kurangnya antisipasi yang lebih dari pemerintah dalam mengupayakan kemacetan, terbukti sampai saat ini Tol yang dalam perencanaan pembangunan masih 70-80% . Hal seperti itulah yang sangat membahayakan bagi pengguna jalan, teradang menyebabkan kecelakaan yang berujung dengan kematian.

Namun tidak hanya Indonesai yang memiliki tradisi Mudik ini negera lain pun sama, negara mana sajakah ya yang mempunyai taridisi seperti di Indonesia? yuk simak dibawah ini

1. India
kangaladin.com
Mungkin yang anda lihat sekilas hanya pakaian-pakaian yang menggantung pada kereta api, namun mereka adalah orang india yang akan pulang kampung. Sama seperti hal nya di Indonesia, faktor kurangnya perhatian terhadap kesiapan arus mudik lebaran sehingga menjadikan mereka harus menumpang pada kereta api mesikupun harus bergelantungan seperti itu.


2. Turki
Kang Aladin
Bagi umat muslim Turki ada istilah bayram, bayram adalah menyambut hari raya idul fitri dengan cara berkumpul bersama keluarga, setelah itu berziarah ke makam-makam keluarga yang sudah meninggal. Namun ada yang unik di Tuki ini, berbeda dengan di Indonesia yang rata-rata menggunakan alat transportasi, di Turki ini kebanyakan mudik dengan berjalan kaki.

3.Mesir












Masyarakat Mesir menyambut Hari Raya Idul fitri dengan sebutan Id el-shogayar yang berarti 'Hari Raya Kecil', karena menurut mereka hari raya besar yaitu hari raya idul adha yang sering disebut dengan idul kabir 'Hari Raya Besar'. Namun hal tersebut tidak menjadikan mereka untuk berkumpul bersama keluarga, mereka berkumpul bersama keluarga dengan memakai pakaian baru. Biasanya mereka berkumpul di sekitaran sungai nil.

4. Nigeria
 Sepintas kita bandingkan anak nigeria ini dengan anak di indonesia, kesemaan mereka dalam menyambut hari raya idul fitri ini dengan baju baru istilahnya orang sunda mengaakan 'Baju Bedug'. Memang benar keadaan di Nigeria pun sama halnya seperti itu, selain dari memakai baju baru warga nigeria juga menyempatkan diri untuk berkumpul dengan keluarga. Pemerintahan Nigeria sendiri menetapkan 2 hari setelah lebaran adalah hari libur nasional.

Sekian yang dapat Kang Aladin sampaikan tentang Mudik Lebaran, Jangan lupa untuk tidur dengan baik, jangan memaksakan berkendara ketika ngantuk. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter ketika ingin bepergian dengan jauh . Dan apabila dalam berkendara anda mengalami demam ataupun penyakit lainnya sebaiknya anda menyediakan obat.

Jangan lupa baca artikel lainnya di hanya di Blog Kang Aladin dengan judul Safari Ramadhan Presiden Ke 7

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar