Aladdin Berpikir Global Bertindak Lokal | Kang Aladin

Berpikir Global Bertindak Lokal

Kampung Sunda-Inggris Purwakarta Jawa Barat


Kembali dengan gebrakannya untuk memajukan anak bangsa Bupati yang dikenal dengan Kang Dedi Mulyadi ini mengeluarkan konsep Kampung Sunda-Inggris. Mungkin ini adalah salah satu terobosan beliau untuk menghadapi era modern ini. Dengan tidak melupakan nilai-nilai budayanya sendiri insyaalloh Kampung yang sekarang sedang dipersiapkan untuk bisa berbahasa inggris akan menjadi Kampung yang sangat kuat dalam segi pemikirannya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengatakan, saat ini masyarakat di desa itu sedang dipersiapkan. Hal itu termasuk, warga mengikuti pelatihan Bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa asing ini, diharapkan masyarakat setempat mampu menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara. "Selain bahasa asing, kita juga tidak ingin meninggalkan bahasa lokal, yaitu Bahasa Sunda," ujar Dedi, kepada  awak media.

Berpikir Global dan Bertindak Lokal mungkin dapat disemaikan bagi bupati yang satu ini. Dengan visi misi beliau yang mengembangkan budaya lokal untuk dikenal di seluruh dunia nampaknya berhasil. Terbukti dengan pendidikan budaya lokalnya beliau menjadi salah satu perbincangan dunia. Bahkan dengan ciri khas sate marangginya Purwakarta dikenal di Amerika karena sate maranggi dijual di daerah Amerika Serikat.
Berpikir Global Bertindak Lokal Budaya Sunda


Menurut Kang Dedi Purwakarta menyimpan potensi yang apabila dikeluarkan semua potensi itu maka akan mengguncang dunia. Mengapa? karena di Purwakarta sendiri selain menjual keindahannya ditopang oleh masyarakatnya yang kreatif dan mampu mengembangkan diri kearah yang lebih baik.

Meskipun Purwakarta masih ada kampung-kampung yang beradatkan Sunda seperti Kampung Kahuripan, Desa Cihanjawar, yang menjadi destinasi wisata siswa-siswi Jakarta. Siswa-siswi jakarta datang ke kampung itu dengan sistem Home Stay. Mereka diajari caranya menanam padi, membuat Gula, dan kebudayaan sunda lainnya.

Akan tetapi di Kampung itu orang-orang hanya menguasai dua bahasa saja, yaitu bahasa Indonesia dan Sunda. Dengan penerapan Purwakarta siap dengan bahasa asing akan menjadikan daya tarik bagi wisatawan asing untuk hadir ke Purwakarta.
Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar, mengatakan, saat ini warga di Desa Sumurugul sedang mendapatkan pelatihan intensif terutama, pelatihan Bahasa Inggris. Jika mereka sudah siap dan mahir, baru kampung budaya ini akan segera diresmikan. "Minta doanya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah siap. Jadi, pada libur akhir tahun nanti kampung ini sudah bisa dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara," ujarnya.

kangaladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar