Aladdin SANG PENGGERAK MENTAL BANGSA | Kang Aladin

SANG PENGGERAK MENTAL BANGSA

The Power Of Teacher

Baiklah kali ini Kang Aladin mau bahas tentang seorang penggerak mental bangsa yaitu Guru, dalam Islam disebut Mursyid yang berarti Guru Pembimbing.
Tidaklah dikatakan seorang murid bila tak mempunyai Guru.

Guru adalah orang yang berjasa pada kita selaku murid,dengan ilmu-ilmu beliaul.ah kita bisa menjadi seorang Presiden,Menteri,Gubernur,Profesor dan sebagainya.


Allah berfirman dalam surah al-Nahl ayat 43;

فَسْئَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لاَتَعْلَمُونَ

“Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.”
dalam surat itu dijelaskan bahwa manusia hakekatnya membutuhkan seorang guru pembimbing,guru yang bisa menuntun kita ke jalan yang di ridhoi oleh Allah SWT.
Tak akan dikatakan seorang Presiden jika tak mengakui kehebatan seorang guru,Profesor berhasil dengan penemuannya itu semua berkat seorang guru yang mampu menididiknya menjadi orang yang berhasil. Ta'atlah kepada guru kalian sesungguhnya dengan itu semua ilmu yang diberikan kepada kita menjadi ilmu yang Insya Allah berkah dunia dan akhirat.

Masih ingatkah ketika pelajaran yang membahas tentang bom hiroshima dan nagasaki, ketika itu yang ditanyakan pertama kali siapa? bukan seorang kaisar,bukan seorang hartawan,bukan seorang profesor tetapi yang pertama kali ditanyakan adalah apakah guru-guru masih hidup?.Orang Jepang saja mengakui jika seorang guru sangat penting bagi kegidupaan bangsa.

Guru adalah Penggerak Mental Bangsa, kedisiplinan menjadi acuan untuk mendidik seorang muridnya.Guru tidak ambigu tidak juga sombong dengan kerendahan hatinya guru selalu berkata "Jadilah murid yang melebihi saya, jika anda berhasil berarti saya sukses mendidik mu nak, bila anda dibawah saya berarti saya gagal menjadi seorang guru".Ketika kegagalan pun guru tidak menyalahkan muridnya.

Sayangnya seorang guru di Indonesia banyak yang belum sejahtera,masih banyak guru honorer yang belum terbayar gajinya, belum mencukupi karena apa?mereka ada yang dibayar setiap 3 bulan sekali, sungguh miris sekali kesejahteraan guru di indonesia jika dibandingkan dengan Kesejahteraan Guru di negara lain.

Kesimpulannya,Seorang guru sejati adalah yang fokus kepada tugas pendisiplinan (ta’dib) murid-muridnya. Ia tentu saja tidak disibukkan dengan urusan dunia, seandainya itu dalam keadaan normal. Walaupun ada kondisi di saat ini kondisi guru sangat sulit karena kurang diperhatikan oleh penguasa, sehingga guru-guru terpaksa berbisnis sebagai aktifitas sampingan. Padahal semestinya, sebagai pengemban tugas yang berat, kesejahteraan guru sudah terjamin. Sebab, ilmu yang hendak disampaikan atau murid yang hendak mencari ilmu, akan berhadapan dengan ilmu yang tak terbatas banyaknya. Sementara usia para murid terbatas. Apalagi usia guru yang biasanya jauh lebih senior. oleh karena itu, perjuangan guru memang luar biasa besarnya dan berat bebannya.Wallahua’lam. 

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar