Aladdin SANG MUTIARA DARI PRIANGAN TIMUR | Kang Aladin

SANG MUTIARA DARI PRIANGAN TIMUR

Kota Tasikmalaya

 

Sedikit penjelasan tentang kota kelahiran Kang Aladin nih,Iya betul Tasikmalya.Kota Tasikmalaya adalah sebuah daerah otonomi di Jawa Barat yang sewaktu dulu berinduk di Kabupaten Tasikmalaya ini,banyak sekali sejarah dalam kota kecil ini.


Yang paling terkenal sejarahnya pada tanggal 26 Desember 1996 yang pada saat itu terjadi Kerusuhan terjadi dikarenakan ada Ustadz dan santrinya dikeroyok oleh Polisi, seketika itu pula massa yangsebagian besar santri membeludak hampir menguasai pusat-pusat Di Tasikmalaya.

Ketika Saat itulah Tasik disebut sebagai Sang Mutiara Dari Priangan Timur dikarenakan kecintaan mereka terhadap para 'ulama, menjadi bersinar terang menerangi Priangan Timur.

Bukan itu saja di Tasikmalaya juga mempunyai Seorang Pahlawan besar, yang membela rakyat Tasik,Beliau dikenal sebagai KH.Zaenal Mustafa.Beliau mengerahkan para santrinya untuk berjihad di jalan Allah dengan mengusir fasisme Jepang.

Patut berbanggalah kalian dengan Kota Tasikmalaya, bukan hanya patut berbangga tetapi itu adalah tanggung jawab yang besar ketika menyebut tasik adalah kota santri, maka disitulah akhlak-akhlak orang tasik harus dijaga.

Apalagi ada 4 Pesantren tertua di Tasikmalaya yaitu:

  1. Pondok Pesantren Suryalaya (Godebag Waktu dulu)
  2. Pesantren Zumrotul Muttaqien Gunung Pari
  3. Ponpes Cipasung
  4. Pesantren Riyadhul Ulum Wadda’wah
Yang paling terkenal adalah Pondok Pesantren Suryalaya yang di Pimpin oleh Syekh Abdillah Mubarak Bin Nur Muhammad (Abah Sepuh) dan Pesantren Cipasung yang dipimpin oleh KH.Ruhiat.

Yang pada saat itu Pondok Pesantren Suryalaya fokus dalam pembinaan akhlak remaja yang disebut Inabah,yang bekerja sama dengan Negara RI untuk menanggulangi korban Narkoba, dan alhamdulillah pada saat itu Tasik terkenal akan penyembuhan Korban Narkoba di Ponpes Suryalaya.




kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar