Aladdin OLAHRAGA YANG DIANJURKAN DALAM ISLAM | Kang Aladin

OLAHRAGA YANG DIANJURKAN DALAM ISLAM

Olahraga yang dianjurkan dalam islam itu apa saja sih?mari kita cari tahu!


 

Olahraga merupakan aktivitas menjaga kebugaran jasmani dengan cara membakar lemak makanan yang kita makan, mengaktifkan kerja jantung memompa darah ke seluruh tubuh, mengaktifkan otot-otot tubuh di lengan, kaki, dan badan, serta membuat kerja paru-paru optimal menghirup udara bersih dan mengeluarkan udara kotor. Selain itu, olahraga merupakan bentuk pengobatan primer bagi penyakit-penyakit tertentu. Dengan berolahraga, badan menjadi kuat.
Tidak banyak yang tahu bahwasanya dalam Islam juga Olahraga ini sangat dianjurkan apalagi bagi Anda yang mengamalkan sunah-sunah yang diarkan Rasulullah Saw. berikut adalah beberapa olahraga yang dianjurkan diantaranya:

1.Berkuda 

Berkuda mungkin awam buat anda karena karena tidak banyak tempat-tempat untuk latihan menunggangi kuda.Namun ada baiknya anda sesekali berlatih menunggangi hewan yang satu ini,karena dalam berkuda ini ada beberapa manfaat jika kita mensunnahkannya diantara lain:
  • Berkuda amat baik untuk kesihatan manusia. Seluruh anggota tubuh badan dari kepala hingga ke kaki, dari fizikal hingga mental akan mendapat manfaatnya.
  • Bentuk lekuk badan belakang kuda - tempat di tunggang- baik untuk merawat segala masalah tulang belakang manusia.
  • Semasa pergerakan galloping iaitu cara rentak kuda melompat dan berlari, menyebabkan vetebra tulang belakang manusia bergesel antara satu sama lain dalam keadaan harmoni, dan meransang saraf-saraf tulang belakang, seolah-olah diurut, sedangkan pakar chiropraktik pun tidak mampu berbuat seperti gerakan natural tulang-tulang veterbra semasa orang menunggang kuda.
  • Seluruh anggota : tulang rangka, otot-otot, organ-organ viseral - termasuklah sistem penghadaman, sistem saraf, sistem voluntary mahupun involuntary, organ perkumuhan, malah geseran kepada organ-organ seksual akan teransang secara optimum untuk menjadi semakin sihat. Penunggang kuda yang hebat selalunya bebas dari mengalami sakit belakang atau ’ter’gelumang dengan tabiat-tabiat seks yang di luar tabie.
  •  Selain itu menunggang kuda turut mencerahkan mata sebab terdapat ransangan terhadap saraf kranial semasa gerakan ‘galloping’ kuda.
 Hadist berkuda ini diperkuat dalam alquran yang artinya:

"Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah, musuhmu dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan).” (QS Al-Anfal 60)

Maksud dari arti QS Al-Anfal ini menjelaskan bahwa pada zaman Rasul,kuda-kuda dipersiapkan untuk berperang dijalan Allah.
Namun di zaman sekarang ini kuda-kuda dijadikan tunggangan untuk berolahraga bahkan dilombakan seperti pacuan kuda.

2.Berenang

Berenang merupakan olahraga yang paling efektif untuk membakar lemak,meskipun keringat kita tidak terlihat saat melakukan aktivitas ini.
Ketika berenang, mental, fisikal, segala otot dan tulang rangka digerakkan untuk membuat satu gerakan yang berkoordinasi antara dua anggota kaki dan dua anggota tangan, selain meransang stamina ( sistem kardiovaskular )
Berenang juga memberi peluang manusia untuk menguasai air serta menjadi berani.

 

Bagi anak-anak berenang adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan aktivitas bermain-main didalm air ini juga memiliki banyak sekali manfaat.Ini adalah Keutamaan dan  Manfaat Berenang Bagi Anak-anak:

· Meningkat IQ.

Suatu penelitian di Melbourne, Australia mengukur IQ anak yang berusia 10 tahun. menunjukkan secara statistis IQ anak-anak yang diajarkan berenang sejak bayi lebih tinggi ketimbang dari anak-anak yang tak berenang atau diajarkan berenang setelah usia 5 tahun. Gerakan anggota badan anak-anak saat berenang dapat merangsang pertumbuhan sarat otak, Tak hanya itu, pertumbuhan fisik, emosional dan sosialnya pun akan lebih baik

· Daya tahan tubuh tinggi.

Tidak perlu untuk takut jika anak-anak akan masuk angin atau sakit bila berenang. Jika dilakukan dengan benar  dan juga rutin, berenang justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak. Gerakan yang dilakukan saat berenang akan memperlancar sirkulasi darah dan kerja organ-organ tubuhnya. Dan otot-otot tubuhnya akan kian lentur dan kuat sehingga daya tahan tubuhnya menjadi tinggi. Keuntungan lain adalah diduga gerakan anggota badan anak-anak ketika berenang akan merangsang saraf-saraf tepinya. Kalau sudah begini, saraf di otak jadi aktif.

· Memberi Stimulasi Pada Motorik

Bermain dalam air akan membuat saraf dan otot bayi berkembang. Dengan bergerak semua bagian tubuh bayi akan terlatih walaupun terniknya belum sempurna.

· Lebih mudah belajar.

Penelitian lain menunjukkan bahwa bayi lebih mudah diajarkan berenang ketimbang orang dewasa, karena bayi tak pernah memiliki faktor X semisal bahaya. Bayi sangat menyukai air sehingga ia pun akan suka diajak berenang. Nah, hal ini membuatnya jadi lebih mudah belajar berenang. Selain itu, bayi baru lahir hingga usia 3 bulan bisa langsung berendam ke dalam air tanpa takut tenggelam, karena pada usia tersebut, ia memiliki refleks melangkah yang banyak kegunaannya untuk berenang. “Refleks melangkah merupakan salah satu refleks yang menyertai bayi seperti halnya refleks menggenggam dan refleks berjalan,” jelas Dr. Karel Staa dari RS Pondok Indah, yang juga mantan perenang pemegang rekor 200 meter gaya dada pada 1960-1962.

· Melatih Rasa Percaya Diri dan Keberanian.

Berada dan menjelajahi kolam renang yang besar dan luas bersama orang tua akan mendorong bayi menjadi lebih berani dan Memerkuat ikatan emosi. Tidak hanya bermanfaat dari segi fisik, kebersamaan dengan sentuhan dan interaksi hangat saat mendampingi si kecil di kolam renang akan membuat jalinan emosi lebih kuat

· kemampuan sosial.

Berenang bersama-sama di kolam renang umum dengan bayi atau batita lainnya akan mengasah kemampuan beradaptasi dan berosialisasi. Biarkan anak-anak “mengobrol” dan bercengkrama dengan teman-temannya.

· Menjalin kedekatan dengan anak.

Dan yang paling penting adalah, kedekatan kita dengan anak-anak bisa terjalin kian erat. Semburan air dan canda kita sebagai orangtua adalah kebahagiaan yang akan selalu melekat dalam ingatannya

· Membentuk kepribadian.

Berenang juga sarana tepat untuk membentuk kepribadian. Biasanya anak yang belajar berenang akan tumbuh jadi anak yang percaya diri, bahagia, mandiri, dan gampang menyesuaikan diri. Bukan cuma itu. Bermain air betul-betul membuatnya gembira.

· Berenang Tingkatkan Kecerdasan Anak.

Olahraga berenang bisa meningkatkan kecerdasan intelektual, sosial dan bahasa anak lebih tinggi dari anak seusianya yang tidak berlatih berenang


3.Memanah 

Memanah atau sering juga disebut dengan panahan adalah olahraga yang sedang booming di tahun ini karena dipromosikan oleh Presiden RI ke-7 Ir.H. Joko Widodo.Namun bukan hanya pada zaman sekarang ini,di zaman Rasul pun memanah ini juga dianjurkan bagi para umatnya.

Dari Salamah bin Al-Akwa’ radhiallahu anhu dia berkata:
“Nabi shallallahu alaihi wasallam pernah melewati sekelompok Bani Aslam yang berlomba memanah. Lalu beliau bersabda, “Memanahlah kalian wahai anak keturunan Ismail, karena sungguh ayah kalian adalah seorang pemanah.” (HR. Al-Bukhari)

“Persiapkanlah semua kekuatan yang kalian miliki. Ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah.” (HR. Muslim) 


Kesimpulannya adalah bahwa kita dianjurkan oleh Rasulullah SAW. beraktivitas/olahraga supaya jasmani kita terjaga dengan baik,apalagi kita mensunnahkan olahraga yang tiga ini,jangankan kesehatan pahala pun kita dapat.

kangaladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar