Aladdin MASIHKAH KAU MENGELUH? | Kang Aladin

MASIHKAH KAU MENGELUH?

Janganlah Kau Mengeluh


Sebenarnya ini artikel Kang Aladin buat sebagai nasihat kepada Kang Aladin,karena apa yang namnya manusia tidak luput dari yang namanya mengeluh,untuk itu Kang Aladin mengajak kepadaanda sekalian agar tak mudah mengeluh.

Mengeluh? perbuatan yang sering dilakukan oleh makhluk yang bernama manusia,mengapa mengeluh menjadi sifat manusia? karena banyak sekali manusia yang dengan percaya dirinya yang kuat namun tidak dibarengi oleh iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Iman dan ketaqwaan seperti apa? yaitu iman dan ketaqwaan yang selalu berkhusnudzan terhadap kehendak Alllah SWT. dengan begitu niscaya manusia tersebut tak akan sedikitpun mengeluh.

Contoh, seorang laki-laki yang tak mempunyai pekerjaan, melamar kemana-mana pun belum ia dapatkan, kemudian dengan takdirnya itu dia bersedih hati.Mengapa bersedih hati? karena dia bertumpu semuanya bukan pada Allah SWT. tetapi kepada penderitaannya.Jika seseorang laki-laki itu mempercayakan kepada Allah SWT. niscaya dia tidak akan mengeluh,dia akan ikhlas.Sesungguhnya Allah SWT. tidak akan menguji hambanya diluar batas kemampuannya.



Lihatlah dengan keadaan mereka yang uzur mereka mampu bekerja tanpa harus mengeluh dan bersedih hati.Ketika kakek tersebut ditanya oleh seorang pemuda "mengapa kakek masih berjualan?" begitu mengejutkan apa yang Kakek ucapkan? "yaa,begitulah nak mungkin Allah SWT. belum meridoi saya kalau saya masih malas malasan, saya punya anak di rumah di garut 12 orang, 5 orang sudah berkeluarga dan pergi jauh meninggalkan kehidupan mereka yang serba berkekurangan, masih ada 7 orang lagi anak saya yang masih duduk di bangku sma dan smp, ga mungkin saya hanya duduk diam, sementara kaki saya masih kuat berjalan". Subhanallah...sungguh jawaban yang diluar dugaan,beliau menyadarkan kepada orang yang muda tapi meminta-minta dijalan supaya bekerjalah dengan penuh keikhlasan dan janganlan mengeluh.

Kisah lain yang patut dicontoh adalah kisah Nabi Ya'qub.Saat itu, Nabi Ya'qub AS dirundung kesedihan yang berkepanjangan karena kehilangan putra tercintanya yaitu Nabi Yusuf AS. Sepanjang hari dia menangisi kepergian Nabi Yusuf AS dan akhirnya dia menjadi buta.Tetapi dengan iman yang kuat beliau mampu mengahadapi semua cobaan.sebagaimana firman Allah dimana Nabi Ya’qub berkata, yang artinya “Sesungguhnya aku mengeluhkan keadaanku dan kesedihanku hanya kepada Allah,“ (QS. Yusuf : 86).

Dari kisah-kisah diatas dapat diambil hikmahnya yaitu janganlah kalian mengeluh,apabila mengeluh serahkanlah pada Allah SWT. dengan begitu hidup akan lebih tenang dan nyaman.

Jangan lupa baca artikel lainnya yang berjudul Menyiapkan Mental Bangsa Dengan Bela Negara
Terima kasih semoga bermanfaat...

kang aladin

Kang Aladin adalah personal blog, yang dibuat untuk membuat artikel menarik. Berisi tentang info seputar Pendidikan, Sosial, Politik, Olahraga, Pengobatan, Herbal, Budaya, Agama, Wisata dan Teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar